Andalan Kuliner Wisatawan, Warung Mak Beng Sanur

Wisata kuliner di Bali, sama beragamnya dengan wisata alam dan budaya di Pulau Dewata itu. Bagi wisatawan domestik yang berlibur ke Bali, menyantap sup ikan hangat ala Mak Beng sudah menjadi menu wajib.

Rasa dan aroma sup ikan buatan Mak Beng memang lezat. Bagi yang telah mencoba sekali, tak akan segan untuk mampir menikmatinya jika kembali berlibur atau bekerja di Bali. Sup ikan ini sangat istimewa. Harum kuah sup ikan yang disajikan panas-panas dengan nasi dan ikan goreng lengkap dengan sambal dan jeruk purutnya sangat menggugah selera.

Warung Mak Beng Sanur

Warung Mak Beng Sanur by Margaretharena

Salah satu destinasi kuliner di Kawasan Sanur yang menyajikan olahan laut dengan rasa yang konsisten sejak tahun 1940-an silam adalah Rumah Makan Mak Beng Sanur.

Rumah makan yang berlokasi di Jalan Hang Tuah No 45 Sanur ini,  tidak saja dikenal oleh masyarakat Sanur, namun  sudah  menjadi destinasi kuliner wajib bagi wisatawan yang datang ke Bali, jika ingin menikmati menu olahan ikan laut khas Bali.

Jika wisatawan memasuki rumah makan yang terletak 100 meter dari bibir pantai Sanur ini, akan langsung disambut staf Warung Mak Beng yang dengan sigap melayani pelanggannya.  Agus Mahendara, pengelola Warung Mak Beng , mengakui Warung Mak Beng hanya menyajikan satu jenis menu saja, yakni paket nasi ikan goreng lengkap dengan soup ikan.

Menu Andalan Mak Beng, Ikan-Ikanan

Warung Mak Beng by jenniferamelia89

Menu makanan Mak Beng yang terdiri dari sepotong besar ikan goreng, soup ikan dan nasi putih ini, memang memiliki citarasa khas masing-masing. Mulai dari ikan goreng yang disajikan,  merupakan  perpaduan antara rasa gurih ikan laut yang renyah  di bagian luar, namun tetap gurih di bagian dalamnya.

Meskipun bahan baku dari masakan di Warung Mak Beng ini adalah ikan laut, namun Agus  tidak menggunakan sembarang jenis ikan. Adapun jenis ikan laut yang digunakan adalah ikan kakap merah, tengiri, dan cakalang. Penggunaan ikan ini diakuinya karena ikan tersebut memiliki tekstur yang padat, sehingga tidak mudah hancur ketika dimasak.

Warung Mak Beng tidak saja dikenal  masyarakat lokal Bali, namun  sudah dikenal  wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Bali. Pemilik sup ikan Mak Beng pun menjamin kelezatan makanannya sudah tersohor. Mak Beng diklaim sudah lulus uji dari pakar kuliner, Bondan Winarno yang mencicipi sup ikan yang rasanya maknyus ini.

Foto Bondan dengan mudah ditemukan pengunjung di dinding rumah makan, saat pengunjung melangkah masuk ke dalam warung. Foto Bondan adalah salah satu foto selebriti yang sudah berkunjung ke Mak Beng. Selebriti lain misalnya ada grup band Padi dan artis sekaligus anggota DPR Tantowi Yahya.

Di warung mak beng hanya ada 1 menu dan tidak ada yg lain. Menu nya hanya paket Sop Ikan + Ikan Goreng + sambel terasi, untuk 1 paket ini di patok hargaRp, 28.000,- sekarang 2014 sudah Rp. 33.000,-
Selain ikan yang paling populer adalah sambel nya, kebetulan untuk teman-teman Balikoala yang memang pengemar sambal pedas, jadi tiap makan wajib ada sambal. Nah sambal mak beng ini bener2 bikin bergairah merem melek, campuran pedas dan terasi menyatu jadi satu, bikin meleleh saat makan nya.
Warung Mak Beng ini merupakan produk dari budaya Bali yang begitu kuat. Hal tersebut terbukti dari kunjungan wisatawan yang datang dan bersantap ke warung tersebut. Tak ada satupun yang memperlihatkan raut muka yang penuh kekhawatiran akan aktivitas vulkanik Gunung Agung.
Harga yang ditawarkan untuk menu utama ikan goreng Mak Beng adalah sebesar Rp. 34.000. Menu utama itu terdiri dari nasi putih, ikan goreng, soup dan sambal Mak Beng. Harga tersebut sangat pantas bagi menu masakan Mak Beng yang begitu terasa lesat dilidah. Mau mencobanya? silahkan berkunjung ke pantai Sanur Denpasar Bali.
Apabila anda berkunjung ke warung makan Mak Beng, janganlah kaget karena banyak orang yang hanya bisa berdiri mengantre menunggu giliran untuk makan, karena memang meja makan yang tersedia tidak mampu menampung semua pengunjung yang datang. Silahkan antre untuk menunggu giliran untuk menempati meja makan yang sudah kosong.

Leave a Reply

18 + 12 =