Berwisata di Taman Garuda Wisnu Kencana Bali

Membicarakan mengenai wisata, banyak hal yang bisa dibahas. Salah satunya adalah Garuda Wisnu Kencana yang mungkin teman Balikoala belum atau bahkan hanya mendengar namun belum tahu.

Mungkin anda pernah mendengar, atau memang pernah berkunjung ke objek wisata di Bali yang sangat terkenal ini! Jika pembaca belum pernah berlibur ke GWK Bali, ada baiknya anda membaca halaman ini! Agar dapat memberikan gambaran singkat tentang GWK Bali.

Objek wisata Garuda Wisnu Kencana atau terkenal dengan nama GWK Bali, merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Saking terkenalnya objek wisata Garuda Wisnu Kencana Bali, hampir setiap hari tempat wisata GWK Bali, selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan asing.

Alamat & Peta Lokasi

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana by zain_akhmad91

Tempat wisata di Bali GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Alamat atau lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung 80364.

Jika anda datang dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit. Tentunya dalam keadaan lalu lintas lancar. Jika anda membutuhkan peta lokasi menuju GWK Bali, silakan gunakan peta di bawah ini!

Tentang Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana by qtoxsatria_

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah sebuah kompleks taman budaya seluas ± 60 ha dengan patung Garuda dan Wisnu sebagai objek utamanya yang memiliki tinggi jika sudah jadi sekitar 120 meter dengan bentang sayap Garuda sekitar 60 meter serta akan menjadikannya sebagai patung terbesar di dunia.

Walaupun tidak 100% rampung namun kompleks taman budaya ini telah menyajikan wisata terpadu yang sangat lengkap yang mempresentasikan Bali secara menyeluruh.

Mulai dibangun pada tahun 1997 dan beroprasi pada 2003, taman budaya Garuda Wisnu Kencana di kelola oleh PT Alam Sutera Realty, salah satu perusahaan properti terkemuka di Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana sendiri digagas pembangunannya oleh Bapak I Nyoman Nuarta, beliau adalah salah satu seniman patung ternama di Indonesia. ide tentang patung GWK diambil dari kisah Pengorbanan, Keberanian, dan Kehormatan sang Garuda.

Atas tindakannya itu ia lalu diberi kehormatan oleh Dewa Wisnu sebagai kendaraannya, diangkat derajatnya menjadi Dewa, Hidup Abadi dan diangkat menjadi raja dari semua burung di muka bumi.

Setelah membahas asal usul dan sejarah GWK mari kita melihat lebih jauh tentang kompleks taman budaya ini lebih detail. Karena dibangun dengan perencanaan yang baik, begitu anda memasuki kawasan GWK, kemegahan akan anda rasakan seperti taman dan berbagai jenis struktur bangunan yang bernilai seni tinggi.

Memasuki area wisata GWK baru anda akan menemukan banyak hal luar biasa lainnya dimana taman budaya ini dijadikan sebagai tempat yang tepat untuk taman budaya terpadu khususnya tentang Bali.

Adapun beberapa fasilitas penunjang lainnya saya bisa katakan sangatlah lengkap, mulai shopping centre, Amphitheater, Street Theater, Taman yang indah untuk bersantai, Restaurant, Galery Seni serta Toko Cendramata. Semuanya siap melayani anda jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk kemudahan fasilitas.

Selain fasilitas jangan lupakan juga pada jam-jam tertentu berkunjung anda akan disuguhkan oleh berbagai pertunjukan seni tari dan musik khas Bali, seperti tari Barong, Tari Kecak, Balet, dan juga pertunjukan musik tradisional Bali.

Jadwal Event Harian saat berkunjung ke GWK Bali

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana by chris_cece

Di GWK, terdapat banyak event budaya yang ditampilkan setiap hari. Dan kegiatan ini FREE alias GRATIS. Berikut jadwal lengkapnya:

Event Jam mulai Lokasi
Balinese Dancer 10:00 – 10:40 Amphiteater
Rindik Instrument 10:00 – 16:00 *GWK Arena
Barong Kersi Dance 11:00 – 11:40 Amphiteater
Garuda Wisnu Ballet 12:00 – 12:40 Amphiteater
Joged Bumbung 12:00 – 15:00 **Commercial Strip
Nusantara Dance 13:00 – 13:40 Amphiteater
Barong Keris Dance 14:00 – 14:40 Amphiteater
Balinese Dance 15:00 – 15:40 Amphiteater
Joged Bumbung 15:30 – 17:30 **Garuda Plaza
Okokan Parade 16:00 – 17:20 **Ticketing Area – Wisnu Plaza
Joged Bumbung 17:30 – 18:20 **Street Theater
Kecak Garuda Wisnu 18:30 – 19:20 ***Amphiteater
Legong Dance 19:30 – 20:30 ****

Fasilitas dan Outbound ala GWK

Jalan-jalan di GWK tidak hanya sekadar melihat patung dan berfoto. GWK yang disebut sebagai cultural park ini memungkinkan kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya dari pagi sampai malam hari. Beberapa pertunjukan biasanya digelar pada area outdoor bernama Street TheatreSelain itu, terdapat amfiteater yang merupakan tempat pertunjukan tarian dan kesenian khas seperti tari kecak, tari barong dan keris, tari rangda, hingga pertunjukan musik tradisional dan modern.

Di lokasi lain bernama Lotus Pond, sering pula digelar beragam acara dengan kapasitas besar seperti konser musik dan pertemuan bertaraf internasional. Tentu sungguh menyenangkan dapat menikmati acara dengan latar belakang tebing batu kapur yang tinggi.

GWK juga memiliki beragam aktivitas outdoor di alam terbuka untuk kamu nikmati. Datanglah ke Lotus Pond untuk mencoba flying fox. Selain itu, kamu juga dapat mencoba wahana marine bridge atau berjalan di atas ketinggian hingga seru-seruan bertualang menggunakan ATV. Berbagai permainan yang memacu keberanian di alam terbuka seperti ini tentu saja dapat menawarkan pengalaman liburan yang berbeda.

Jika mereka kurang berani mencoba permainan tersebut, kamu bisa berkeliling kawasan GWK dengan segway atau alat beroda dua yang dijalankan secara otomatis menggunakan listrik. Karena permainan yang ditawarkan ini di luar harga tiket masuk, jadi kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 untuk menikmati segway  selama 10 menit.

Leave a Reply

12 − six =