Danau Tamblingan Buleleng Bali, Danau Sejuta Pesona

Keindahan danau di Bali tak kalah dengan pantainya, tentu semua teman-teman Balikoala akan memilih Bali untuk tujuan wisata. Tengok saja danau baratan bedugul yang pesonanya mampu membius para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Ada empat danau di Bali yang bisa menjadi tujuan wisata, semuanya menyuguhkan tawaran berbeda baik itu alamnya, suasananya serta kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata tersebut.

Empat danau di Bali tersebut adalah danau Beratan Bedugul, Batur, Buyan dan Tamblingan. Diantara keempatnya maka danau Tamblingan adalah yang terkecil dan Batur terbesar. Sedangkan yang terpopuler sebagai tujuan wisata tour di Bali adalah danau Beratan Bedugul dan Batur, kedua objek wisata di Bali tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi Bedugul yang menjadi tujuan wisata wajib.

Namun walaupun kecil, pemandangan dan suasana di sekitar Danau Tamblingan sangat menggoda wisatawan yang berlibur di Bali untuk datang mengunjunginya, keindahan dan keasrian alam di kawasan danau memang sangat terjaga, menjadikan siapapun tertarik untuk berkunjung. Danau Tamblingan sendiri terletak di kaki gunung Lesung, menjadikan udara di kawasan danau cukup sejuk dan segar.

Sejarah Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan by denpasarweekly

Tamblingan diambil dari kata “tamba” yang berarti obat dan ‘elingan” yang berarti kemampuan spiritual, menurut cerita pada zaman dahulu kala di kawasan desa sekitar danau terjadi wabah penyakit epidemi, yaitu sebuah penyakit yang menyerang manusia dan dapat menular dengan cepat.

Hingga akhirnya seseorang di desa tersebut yang disucikan turun ke danau untuk mencari obat, beliau mengambil air dari Danau Tamblingan disertai doa yang dibacanya hingga akhirnya penduduk desa bisa sembuh dengan meminum air danau tersebut.

Kini usai mengunjungi danau baratan bedugul kini waktunya anda untuk mengunjungi kembarannya, yakni danau tamblingan. Danau yang berada di sebelah utara lereng Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini dikelilingi hutan sehingga memiliki udara yang sejuk.

Layaknya danau baratan bedugul dan danau buyan di sebelahnya, danau tamblingan juga terbentuk dalam sebuah kaldera besar. Lokasi danau ini termasuk dalam dataran tinggi karena lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 m di atas permukaan laut. Dengan lokasinya tersebut, danau ini kerap diselimuti kabut kala pagi hari.

Jika anda berkunjung ke objek wisata danau Tamblingan di Buleleng Bali ini, maka anda bisa merasakan indahnya alam danau yang dikelilingi oleh hutan lebat, suasana alamnya segar dan masih alami. Tidak hanya itu anda bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu kecil yang dinamakan pedahu.

Bentuk pedahu adalah sebuah sampan yang juga digunakan menangkap ikan oleh nelayan setempat, namun tidak bermotor, sehingga tidak mencemari lingkungan dan alam sekitarnya. Suasana alamnya memang masih perawan dan alami. Apalagi jika anda berkunjung saat pagi hari, saat sinar mentari menembus kabut tipis akan terasa lebih spesial dan mengesankan.

Danau tamblingan tetap menarik untuk dikunjungi. Seusai anda berwisata ke Pantai Lovina, Air Terjun Git-Git, atau Pura Ulun Danu, jangan lewatkan untuk mengunjungi danau tamblingan. Anda yang membutuhkan penginapan bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti:

  • Adirama Beach
  • CLV Hotel & Villas
  • Saranam Eco Resort
  • Puri Bagus Lovina
  • Naya Gawana Resort & Spa

Objek Sekitar Danau Tamblingan

Seperti diketahui yang terdekat dari Danau Tamblingan adalah Buyan, kemudian ada air terjun Munduk, air terjun Banyumala dan kawasan wisata foto selfie di puncak Wanagiri. Dari kawasan ini juga terjangkau lapangan Golf Bali Handara di desa Pancasari, dan sekitar 12 kilometer ada Ulun Danu Bedugul. Selain itu ada air terjun Gitgit yang bisa diakses lebih dekat dari sini, sehingga anda bisa mengagendakan tour di Bali dengan perjalanan searah. Termasuk ke wilayah wisata Bali Utara lainnya seperti pantai Lovina yang menguguhkan atraksi dolphin di alam bebas.

Cara berkunjung ke danau Tamblingan maka anda bisa sewa mobil di Bali, atau bahkan hanya sewa sepeda motor menikmati alam pegunungan berhawa sejuk agar lebih leluasa. Selain itu anda bisa minta ke agen perjalanan untuk menyusun paket tour di Bali dengan tujuan utama danau Tamblingan.

Rute Menuju Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan by shitadeviidaayu

Untuk akses menuju danau, terdapat dua jalur yang bisa kita pilih, pertama adalah melewati Danau Bedugul, setelah melewati Danau Bedugul di sebelah kiri jalan akan terlihat gerbang yang bertuliskan Danau Buyan dan Tamblingan, jika melewati jalur pertama ini kita akan langsung sampai di pinggir danau.

Sedangkan untuk jalur kedua, dari Danau Bedugul lurus terus ke arah atas hingga bertemu pertigaan. Saat tiba di pertigaan, silahkan belok ke kiri. nah, jika melewati jalur kedua ini kita akan melihat pemandangan Danau Tamblingan dari atas.

Uniknya, diantara keindahan panorama Danau Tamblingan yang memanjakan mata, terdapat pemandangan lain yang menarik perhatian, yaitu terdapatnya beberapa pura, diantara lain adalah pura dalem tamblingan, endek, ulun danu, naga loka dan masih ada beberapa lainnya.  Setelah kita puas berkeliling menikmati panorama keindahan danau, saatnya bagi tubuh kita untuk santai dengan berendam di pemandian air panas di desa Banjar, yang hanya berjarak sekitar 20 km dari danau tamblingan.

Hal unik lainnya, di danau ini anda bisa menikmati tempat wisata sambil jalan tanah yang lebarnya kurang lebih 5 meter itu tidak beraspal mulus atau tertata rapi. Tanahnya keras dengan bekas ban mobil besar di sana sini yang menyisakan kubangan sehingga sedikit menyulitkan mobil kami bergerak. Beruntung, pengemudi mobil yang kami sewa cukup handal sehingga kami tidak menemui kesulitan yang berarti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.