Goa Gajah, Goa Indah nan Megah ala Bali

Berwisata di Bali layaknya wisata di tempat yang tidak pernah dibayangkan. Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata indah disana. Dimana banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi salah satunya yaitu Goa Gajah. Untuk anda yang memang ingin berwisata ke Bali khususnya pengunjung Balikoala yang ingin ke tempat sakral.

Apalagi untuk anda yang ingin mendapatkan tempat ibadah utamanya anda yang beragama Hindu rasanya tempat ini bisa menjadi referensi andalan yang utama. Pura ini menjadi salah satu wisata terbaik dan juga tempat ibadah yang sangat sakral dan indah.

Goa Gajah

Goa Gajah

Goa Gajah by lia.felice

Sebenarnya goa unik ini adalah Pura Di Bali yang berlokasi di Desa Bedulu kecamatan Blahbatu Kabupaten Gianyar – Bali. Kawasan Goa Gajah termasuk dalam kawasan Daerah Ubud, sekitar 27 Kilometer dari pusat kota denpasar. Tidak seperti namanya, Goa Gajah tidaklah sebuah Goa yang dipenghuni oleh kumpulan hewan gajah.

Lain halnya dengan Goa Lawah Di Klungkung, yang merupakan sebuah Goa yang dihuni oleh sekumpulan ‘Lawah’ (Kelelawar). Goa ini merupakan salah satu wisata sejarah terkenal di bali, itu karena pembangunan pura ini di perkirakan di bangun pada abad ke-11 Masehi.

Goa gajah ini menjadi daya tarik para wisatawan domestik maupun manca negara. Para wisatawan dapat masuk menelusuri Goa ini karena memang Goa ini tidak terlalu luas. Ukuran tinggi dari goa ini sekitar 2 meter dengan lebar sekitar 2 meter juga.
Di dalam Goa ini memiliki jalan yang berbentuk huruf T, yakni setelah masuk sedikit akan ada cabang ke kiri dan ke kanan. Pasalnya termasuk salah satu pura tertua di pulau dewata dan keberadaan pura tersebut pun konon menjadi saksi bisu tentang perjalanan sejarah peradaban masyarakat agama Budha dan Hindu di pulau ini.
Ada juga disebutkan istilah Kunjarakunjapada yang berarti “Asrama Kunjara” dimana dalam bahasa Sansekerta berarti “Gajah”. Asrama kunjara adalah asramanya “Rsi Agastya” yang terletak di Mysore (India Selatan), dimana terdapat banyak gajah liar hidup di sekitar asrama tersebut, jadi ada kemungkinan bahwa Goa Gajah dibangun untuk mengingatkan tentang Asrama Kunjarakunjapada di India.

Sejarah Goa Gajah

Meskipun tempat wisata, namun goa gajah pasti memiliki sejarah panjang yang bisa diceritakan. Kata Goa Gajah sebenarnya berawal dari kata “Lwa Gajah”, dimana kata “Lwa” pernah ditemukan pada lontar Negarakertagama yang memiliki arti ‘sebuah sungai’. Jadi istilah Lwa Gajah ini bisa diartikan Pertapaan yang ada di tepi sungai.
Pura Goa Gajah, merupakan salah satu gua bersejarah, yang telah diakui oleh organisasi badan dunia PBB (UNESCO) menjadi salah satu warisan dunia. Tempat suci ini sering disebut dengan nama Candi Gua Gajah, terletak di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar dengan jarak tempuh sekitar 5 km dari kawasan wisata Ubud.
Pura Hindu Goa Gajah sudah dikenal sejak masa pemerintahan beberapa raja di pulau Bali, diantaranya yaitu: Sri Dharmawangsa Wardhana Marakata Pangkajastano Tunggadewa (tahun 1022 Masehi), Raja Anak Wungsu (tahun 1053 Masehi), Paduka Sri Maha Guru (tahun 1324 Masehi).
Pada mulut Goa di Goa ini, terdapat 2 buah patung di kiri dan di kanan bagaikan seorang penjaga. Di tepian mulut goa terdapat ukiran patung kepala raksasa yang oleh masyarakat hindu bali menyebutnya dengan ‘Bomha’, sebuah ukiran relief yang wajib ada pada candi-candi di depan pura. Fungsinya tiada lain adalah untuk menyucikan pikiran bagi orang-orang yang ingin masuk ke pelataran sebuah Pura.

Suasana dan Keunikan Goa Gajah

  1. Suasana disekitar kompleks goa gajah begitu sangat tenang, begitu kamu menginjakkan kaki langsung terasa nuansa yang begitu asri dan teduh.
  2. Arsitektur dan juga pahatan relif dengan berbagai ukuran, seakan membuat kesan membawa kamu dalam suasana kerajaan-kerajaan hindu-budha.
  3. Pura goa gajah memang telah dibuka oleh dinas pariwisata dan pemerintah sekitar untuk dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata di Bali untuk umum yang sangat kental dengan sarat nuansa sejarah dan spiritual.
  4. Tempat ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Sri Bedulu. Seperti hampir serupa dengan situs-situs sejarah lainnya, pada awalnya kompleks bangunan ini tertimbun oleh tanah.
  5. Ada sebuah bangunan yang menyimpan patung Ratu Brayut atau Dewi Hariti, yang pada awalnya memiliki karakter jahat, tapi setelah mendapat pelajaran agama Buddha akhirnya sifat jahatnya berubah menjadi kasih sayang dan pecinta terhadap anak – anak seperti terlihat pada patung.
  6. “Kumon” dan “Shy Wangsa” yang ditulis dalam huruf kwadrat Kediri, dan artinya yang masih belum bisa dipastikan dan diketahui oleh sejarawan. Menurut penelitian arkeologi dari bentuk seni patung dan kolam air suci kuno yang ada di Goa Gajah diyakini dan diwariskan dalam abad ke-11 masehi.

Perjalan Menuju Goa Gajah

Goa Gajah

Goa gajah by attakamayasanur

Goa Gajah berada di daerah ubud, tepatnya di desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar-Bali. Jika anda dari Pura Taman Ayun langsung menuju tempat ini, anda akan menempuh jarak yang cukup dekat sekitar 19 Kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit jika tanpa kemacetan.
Namun jika anda dari pusat kota denpasar maka akan menempuh jarak sekitar 27 Kilometer dengan waktu tempuh lebih dari 30 Menit. Harga tiket (karcis) masuk akan dikenakan sebesar Rp. 15.000 per orang untuk domestik dewasa, dan harus di bayar di loket pintu masuk sebelum menuju Obyek Wisata Pura. Namun ketika hari besar keagamaan jelas pura ini menjadi pura yang ditutup untuk umum dan digunakan ibadah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.