Kebun Raya Eka atau Kebun Raya Bedugul Bali

Wisata Kebun Raya Eka Karya Bedugul ini memiliki keindahan alam pegunungan yang masih alami, tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu berkabut dan berhawa dingin. Cuaca di daerah ini tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, selalu melengkapi diri dengan beberapa payung, pakaian hangat, dan jas hujan.

Disekitar objek wisata ini terdapat objek wisata yang sangat terkenal yaitu Danau Beratan. Suasana Kebun Raya yang nyaman dan sejuk membuat para pengunjung sangat betah berada di dalammnya. Ditambah di sekitar lahan perkebunan ini terdapat tanaman buah strawberry yang memang habitatnya hidup di daerah sejuk dan perbukitan.

Keindahan seperti inimembuat keeksotisan dan keindahan lingkungan Kebun Raya serasa berat untuk ditinggalkan. Pengunjung pun tak hanya dibolehkan untuk hanya melihat saja, namun juga strawberry tersebut banyak dijajakan oleh para pedagang di pintu masuk. Jangan khawatir karena harganya pun terjangkau.

Sejarah Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul by gus_rah90

Berawal dari gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo sebagai direktur lembaga pusat penyelidikan alam yang menginginkan didirikannya cabang kebun raya di luar Jawa khususnya bali sebagai cagar alam bagi tumbuhan, maka pada tahun 15 juli 1959 Kebun Raya Eka Karya secara resmi didirikan.

Nama Eka Karya berarti kebun raya pertama yang merupakan hasil kerja keras bangsa Indonesia setelah kemerdekaan. Selain bisa berjalan-jalan, pengunjung pun bisa melakukan outbond. Kegiatan outbond bisa dilakukan oleh anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran mereka terhadap alam sekitar, melatih kepercayaan diri, kerjasama, dan tidak cengeng.

Outbond juga banyak dianjurkan untuk melatih kemandirian seorang anak. Selain outbond, pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi tanaman Kaktus yang biasanya hanya hidup dan tumbuh di tanah yang panas dan gersang. Lokasi Kebun Raya ini berada di Bedugul, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan atau sekitar 62 km jika ditempuh dari Kota Denpasar.

Menuju ke Kebun Raya ini bisa dengan berbagai cara salah satunya dengan kendaraan bermotor (supaya lebih cepat). Untuk mencapai lokasi bisa ditempuh dengan waktu 1-1,5 jam saja dari Kota Denpasar.

Pengembangan berhenti sekitar tahun 1965 karena ketidak-amanan pada periode itu. Pada tahun 1970 taman mulai secara bertahap direhabilitasi. Pada 30 April 1975 restorasi itu selesai dan luas taman ini meningkat menjadi 129,2 Ha dan fungsi diperluas dari koleksi tumbuhan konifer dan memasukkan konservasi ex-situ tanaman dari dataran tinggi di Indonesia Timur.

Pada tahun 1998, Kebun raya meliputi area seluas 154,5 Ha, dan pada tahun 2001 daerah itu diperluas lagi menjadi 157,5 Ha. Beberapa koleksi spesial meliputi: anggrek, tanaman upacara, tanaman obat, kaktus, pakis, tanaman air dan pohon-pohon.

Empat fungsi utama dari Kebun Raya Bali: eksplorasi, inventarisasi dan penelitian,  konservasi dan rekreasi. Sebagai institusi pendidikan, kebun raya menawarkan sejumlah layanan ilmiah dan fasilitas untuk mendukung penelitian tanaman dan konservasi, termasuk herbarium, bank benih, perpustakaan, rumah kaca , pembibitan, dan database tanaman.

Wisata Kebun Raya Bedugul Bali

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul by fika_omolu

Untuk menuju ke kebun raya bedugul, jika anda dari denpasar maka anda akan menempuh jarak sekitar 80 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam. Naum jika anda dari singaraja atau setelah berkunjung ke Pantai Lovina maka anda akan menempuh jarak sekitar 35 Kilometer dengan jarak tempuh sekitar setengah jam.

Sesampai di kebun raya bedugul, anda akan melihat peohonan yang amat tinggi menjulang menuju langit. Tiket masuk bagi wisatawan lokal dengan mancanegara itu berbeda. Untuk wisatawan lokal akan dikenai biaya Rp.7.000 namun untuk wisatawan asing akan dikenai biaya Rp.13.000.

Tiket Masuk Ke Kebun Raya Bedugul

  • Tiket Pengunjung: Rp 7.000/orang/WNI dan Rp 18.000/orang/WNA.
  • Tiket mobil masuk: Rp 12.000/mobil.
  • Tiket Parkir: sepeda motor Rp 3.000, mobil Rp 6.000 dan bus pariwisata Rp 12.000.

Jadwal jam buka Objek wisata kebun raya Bedugul:

  • Senin s/d Kamis 08.00 – 16.00 WITA.
  • Jum’at 08.00 – 12.00 WITA.
  • Sabtu dan Minggu/hari libur 08.00 – 18.00 WITA.

Dengan alasan keamanan beberapa spot di kawasan terkadang tutup lebih awal seperti area anggrek, begonia dan kaktus.

Salah satu tempat wisata di Bedugul yang harus anda kunjungi adalah Kebun Raya. Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu hutan lindung sebagai paru – paru udara pulau Bali. Tempat wisata Kebun Raya, udaranya sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga. Ada beberapa spot menarik di Kebun Raya seperti:

  • Candi Bentar
  • Ramayana Boulevard
  • Kumbakarna Laga Statue
  • Roses Garden
  • Lake Beratan View
  • Usada Cafe
  • Traditional Balinese house

Obyek wisata yang letaknya berdampingan dengan Kebun Raya Bedugul, adalah Danau Beratan. Merupakan wilayah Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Cuaca yang sejuk di siang hari dapat dinikmati dengan menyewa kapal boat atau sampan untuk mengelilingi danau.

Di tengah danau terdapat sebuah pura yang disebut Pura Ulun Danu, tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Di sekitar danau sering dijadikan salah satu lokasi foto pre wedding di Bali oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

Hotel Dekat Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul by adiria.selian

Kebun raya berdugul berlokasi di desa candi kuning, bedugul. Kawasan ini merupakan kawasan perbukitan sehingga memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Jika anda memilih untuk menginap di bedugul tentunya anda membutuhkan hotel yang dekat dengan objek wisata yang ada di bedugul.
Dan ini saya akan memebrikan beberapa hotel yang terjangkau dan cukup dekat dengan objek wisata Kebun Raya Bedugul.
  • CLV Hotel and Villa
  • Puri Candikuning Retreat
  • Handara Golf & Resort Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.