Lihat Dari Dekat Ikan Pari dengan Wisata di Manta Bay

Sedang di Bali dan sudah puas berwisata disana ? Apakah anda tidak mau berkunjung ke tempat lainnya yang tidak ada di tempat lain. Kenapa tidak kalian melanjutkan kunjungan wisata di Nusa Penida? Rekomendasi berkunjung, bahkan bermalam ke Nusa Penida bukan hal yang buruk.

Dimana para turis Bali Koala bisa menemukan view pantai dengan laut biru yang luas, Nusa Penida adalah spot yang tepat untuk itu. Tapi Nusa Penida bukan sekadar pantai, laut dan sunset, kok! Kalian bisa juga menemukan banyak hal menarik lain yang pasti tidak akan membuat kalian mati gaya. Salah satunya adalah wisata Manta Bay!!1

Apa Itu Wisata Manta Bay/Manta Point ?

Manta Bay

Manta Bay by diveadvisor

Manta point adalah batu kapur yang muncul ke permukaan di Tanjung Pandan, dekat ujung barat Pulau Nusa Penida. Pemandangan daratan yang sangat mempesona, dengan tebing kapur yang curam dan dibentuk oleh hantaman  gelombang besar ke pantai sepanjang tahun.Kesulitan yang dapat dihadapi di lokasi selam ini yakni berasal dari gelombang kuat dari Samudera Hindia ke arah pantai.

Pari manta oseanik (Manta birostris) dapat memiliki lebar dari ujung sayap ke sayap mencapai 7 m dan sanggup melakukan migrasi jarak jauh hingga ribuan kilometer. Di Indonesia, manta oseanik secara utama dijumpai di Raja Ampat (oleh wisatawan selam) dan di Lesser Sunda, di wilayah Lombok dan Sumbawa di bagian timur Lembata. Di wilayah-wilayah yang disebutkan belakangan inilah manta oseanik diburu untuk pelat insangnya.

Pari manta karang (Manta alfredi) memiliki ukuran yang lebih kecil (lebar sayap ke sayap maksimum mencapai 5 m) dan lebih sering dijumpai oleh penyelam, karena spesies mantaini menghabiskan banyak waktunya untuk makan di wilayah terumbu karang. Telah terdapat 4 wilayah dengan wisata manta yang telah berjalan di Indonesia, termasuk Raja Ampat, Komodo, Berai (Kalimantan Timur), dan Nusa Penida (Bali).

Manta point menjadi lokasi yang menarik karena adanya pari Manta sepanjang tahun, perairan ini kaya akan plankton, sehingga menarik banyak burung laut untuk mencari makan; lokasi ini juga berfungsi sebagai pusat pembersihan yang merupakan kesempatan baik bagi penyelam yang ingin menyaksikan ikan pari Manta dari dekat dalam sikap yang paling tenangnya. Seringkali Manta hanya berenang mengelilingi anda dengan gerakan memutar. Adegan ini sangat luar biasa, dan gambaran ikan tersebut akan anda ingat sepanjang hidup anda.

Sama halnya seperti hewan liar lainnya, suatu hari anda hanya bertemu satu Manta, dan di hari yang lain anda dapat bertemu dengan 20 Manta!. Pari Manta  sangat ramah, sering bermain-main dengan penyelam yang tenang dan tidak mengejar-ngejarnya. Mereka sering menukik sekedar untuk menyelidiki, dan mengigil sebagai tanda senang saat gelembung dari para penyelam  menggelitik perut mereka. Pada musim kemarau, lebih tepatnya di bagian yang lebih dalam dari Manta Point

Manta Bay

Manta Bay by steph_veri

  • Keseruan Lihat Ikan Pari Manta

Banyaknya ketersediaan plankton membuat banyak Manta Ray hidup di perairan ini. Di Spot ini, sepanjang tahun voyagers bisa menjumpai Manta Ray, tidak ada bulan atau hari khusus untuk bertemu dengan mereka. Namun seperti halnya Manta Point di daerah lain, Tempat ini pun memiliki arus yang cukup deras, sehingga dibutuhkan kemampuan menyelam yang sedikit advance baik bagi scuba diver ataupun freedivers.

Kedalaman maksimal lokasi ini sekitar 15 meter. Dari permukaan pun kita sudah bisa melihat dasar laut karena memang airnya yang sangat jernih. Umumnya Manta akan mondar mandir di kedalaman 4-6 meter dan terkadang naik ke permukaan yang berada dekat dengan tebing. Komposisi bawah laut di sepanjang tebing ini adalah bebatuan besar dan pasir pada bagian dasarnya. Kalau voyagers beruntung, maka voyagers bisa bertemu 4-6 Manta sekaligus di spot ini. Waktu pagi hari adalah waktu yang paling pas untuk melihat Manta ini.

  • Pelestarian Pari Manta

Pada bulan Juli dan September 2014, tim yang terdiri dari CI Indonesia, KKJI, Balitbang-KP, BPSPL (Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut) Denpasar dan Manta Trust, 7 buah tag satelit dipasang di manta yang berenang di Manta Bay dan Manta Point, Nusa Penida.

Dari total 7 ekor manta yang dipasangi, 3 ekor betina yang hamil, 3 ekor jantan dewasa, dan 1 merupakan jantan muda/remaja. Diharapkan dapat menggambarkan populasi manta di Nusa Penida dan di area mana jalur migrasi yang mengancam karena perburuan.

Para turis diminta tak memegang ikan walau sedekat apapun. Itu akan membuatnya tak nyaman terlebih jika sedang musim kawin dan akan pergi ke kawasan lain. Dan ini tentu saja meresahkan industri pariwisata karena manta liar jauh lebih bernilai ekonomi dibanding ditangkap untuk pangan.

Cara Mudah Ke Manta Bay

Manta bay

Manta bay by robertobaccichetto

Untuk anda yang langsung ingin pergi ke manta bay caranya mudah. jika anda dari  Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan, kita bisa naik motor menyebrangi jembatan kuning (dikenal dengan Yellow Bridge). Sedangkan untuk ke Nusa Penida, harus naik kapal lagi. Kalau nggak salah, dari Nusa Ceningan kalo mau nyebrang ke Nusa Penida itu setiap pagi jam 06.00 ada kapal umum.

Pastikan saat meminjam motor melakukan pengecekan kondisi motor terutama rem dan lampu karena kondisi jalanan di Nusa Penida tak semuanya kondisi mulus, naik turun bukit dan jalan minim penerangan. Bahkan aku melihat travel asing sengaja pakai alas kain yang tebal di bagian jok biar lebih nyaman selama perjalanan jauh. Sewa mobil memungkinkan di Nusa Penida, mulai dari harga Rp 400.000,- tergantung jumlah spot.

 

 

Leave a Reply