Melihat Keunikan Pura “Mobil” Paluang

Nusa Penida memang memiliki banyak pura untuk sarana ritual keagamaan umat Hindu. Di Dusun Karang Dawa Nusa Penida, kalian bisa melihat salah satu pura yang unik dan berbeda. Pura Paluang Nusa Penida yang sering disebut pura Mobil. Pasti kalian penasaran, mengapa pura ini disebut pura mobil. Ya, alasannya karena pelinggih di pura ini berbentuk mobil. Namun ada yang unik, dimana untuk mendapatkan beritanya saja harus menginap selama tiga hari ditempat tersebut. Mengingat banyak sumber yang harus dicari berkaitan dengan pura tersebut.

Sejarah Pura paluang

Pura paluang

Pura paluang by mlleplatypus

Ada legenda dibalik pembangunan pura paluang yang berbentuk mobil. Dimana saat proses pengerjaannya terdapat sebongkah batu karang besar yang harus dipindahkan ke tempat lain, namun setelah dipindahkan besok harinya kembali ke tempat semula dan terjadi berulang kali. Lalu ada suatu petunjuk niskala untuk mendirikan sebuah pelinggih di tempat itu yang berada di atas bukit karang dan bersebelahan dengan jurang yang sangat curam. Pura itu adalah Pura Paluang.

Setelah melegenda kemudian ada pawisik Ida yang melinggih di pura tersebut yaitu Ratu Gede Sakti Hyang Mami meminta agar masyarakat setempat membuatkan pelinggih dengan bentuk mobil, karena beliau di alam niskala memiliki kendaraan berupa mobil. Mobil jimmy lah yang merupakan pelinggih dari Ratu Gede Sakti Hyang Mami. Dimana di dalam pelinggih mobil Jimmy terdapat 2 arca lanang istri yang diyakini warga setempat sebagai manifestasi Ida Bhatara yang melinggih yaitu Ida Bhatara Ratu Gede Ngurah dan Hyang Mami. Sementara mobil VW Beatle merupakan mobil dari pengikut atau anak-anak beliau.

Jika mendengar cerita mobil tersebut seringkali mendadak menyala klakson mobilnya dengan sinar yang terang  dan kecepatan tinggi menuju arah barat laut. Namun deru itu hanya sepintas saja dan sudah tidak tampak lagi ke mana perginya. Pelinggih mobil di Pura Paluang ini diceritakan sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Padahal mobil VW beatle dari Jerman itu diproduksi tahun 1938-2003.

Di Pura Paluang mobil VW Beatle ini berwarna emas pada kap, dan coklat kekuningan di bagian bodi. Bannya juga dicat serupa. Ada tiga lubang kotak pada bagian pengemudi yaitu jendela depan, dan dua pintu masuk. Plat nomor mobil ini KD 013. Sementara mobil Jimmy bercat merah. Ada dua lubang pintu, yaitu pada sisi kanan dan kiri, di dalamnya terdapat patung sebagai simbol pengemudi. Kaca depan mobil tertutup, tapi pada kedua sisinya terdapat dua naga berwarna hijau emas. Plat mobil ini ialah DK 28703 GL.

Tambahan Patung

Pura paluang

Pura paluang by mardanapande

Selain unik ada juga keangkeran dari Pura paluang ini , dimana terdapat bentuk patung-patung kuno yang sangat aneh-aneh. Ada hanya tinggal kepalanya saja, ada tinggal badannya saja. Ini terjadi karena pergerakan bumi yang terus mengikis benda-benda seperti ini. Sebagaimana pura-pura lainnya pastinya ada penjaga sebagai pengaman secara niskala dari Pura ini. Disebutkan ratusan kera yang disebutkan di atas tadi adalah rerencangan beliau.
Namun tidak semuanya, kera-kera tersebut tampak aneh, mereka tidak masuk ke pelataran pura melainkan berdiam di sekeliling panyengker pura yang luasnya sekitar 50 are. Sambil mencari buah-buahan kecil, kera tersebut sepertinya terus mengawasi gerak-gerik krama yang datang ke Pura.

Lokasi dan Cara Menuju Pura Paluang

Pura Paluang terketak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Oleh karena itu pura ini juga dikenal dengan Pura Karang Dawa. Untuk mencapai lokasi pura ini dari pelabuhan Nusa Penida kalian bisa menempuh dengan sepeda motor sekitar 40 menit. Dengan keadaan jalanan yang berpasir dan agak sulit untuk dilalui. Sepanjang perjalanan kalian akan melewati semak belukar, tebing berkapur dan beberapa rumah penduduk. Sesekali akan melewati beberapa pemukiman warga dan melihat keindahan laut dari kejauhan.  Saat kalian berkunjung ke Nusa Penida, apalagi jika berkunjung ke objek wisata tebing Paluang yang berada dekat dengan pura ini sempatkan waktu untuk berkunjung ke Pura Paluang Nusa Penida.

 

Leave a Reply