Pemandangan Indah Ala Paluang Cliff Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau kecil yang berada di tenggara Pulau Bali. Nusa Penida bukanlah tempat yang biasa saja, tempat ini  memiliki objek wisata yang menarik. Bahkan banyak turis yang mewajibkan diri untuk berkunjung ke Nusa Penida.Terutama karena saat ini sedang booming dikalangan wisatawan yang berlibur di Bali khususnya Nusa Penida. Kemudahan akses dari Bali, karena wisatawan bisa menyebrang dari Bali menuju Nusa Penida dengan menggunakan fast boat dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida.

Sebenarnya tempat wisata di Bali pasti memiliki sejarah atau cerita. Cerita turun temurun tentang sejarah Pura Paluang Nusa Penida khususnya Paluang Cliff yaitu dulunya seorang warga Karang Dawa ingin membuka lahan perkebunan di tempat ini.

Namun saat proses pengerjaanya terdapat sebongkah batu karang besar yang harus dipindahkan ke tempat lain dan hal ini menggemparkan banyak orang. Setelah dipindahkan, esok harinya batu ini kembali ke tempat semula dan berulang kali terjadi. Lalu ada suatu petunjuk niskala untuk mendirikan sebuah pelinggih di tempat itu yang berada di atas bukit karang dan bersebelahan dengan jurang yang sangat curam. Pura itu adalah Pura Paluang.

Paluang Cliff

Paluang Cliff by ye2n_1705

Sekarang ini tidak sulit menemukan travel dengan berbagai pilihan paket tour. Beberapa objek wisata yang sudah banyak di kenal wisatawan layaknya Angel’s Billabong, Broken Beach, Atuh Cliff, Kelingking Beach dan masih banyak objek wisata lainnya. Paluang Cliff Nusa Penida merupakan salah satu destinasi wisata yang masih asing di kalangan wisatawan.

Paluang Cliff Nusa Penida sebenarnya cukup berdekatan dengan objek wisata Kelingking Beach dan Pohon Cinta Nusa Penida, Paluang Cliff merupakan salah satu spot yang tersembunyi di Kelingking Beach. Spot ini berada tersembunyi sehingga disebut hidden spot.

Untuk menuju objek wisata ini membutuhkan stamina yang fit karena jalan menuju objek wisata ini terbilang masih alami dan belum banyak di kunjungi wisatawan. Paluang Cliff  menyuguhkan pemandangan tebing dari Kelingking Beach.

Keunikan Paluang Cliff

Jika anda berwisata ke sini, anda akan melihat Pura yang berada di atas laut lepas ini sekilas terlihat sama dengan pura lainnya di Nusa Penida, Bali. Namun lebih jelas lagi, dimana pura ini memiliki perbedaan yang unik dengan pura lainnya.

Pura ini yaitu dari 13 pelinggih yang ada di Pura Paluang terdapat 2 pelinggih yang menyerupai mobil VW Beatle dan Jimmy. Pura Paluang yang memiliki pelinggih berbentuk mobil adalah satu – satunya di dunia dan inilah yang menjadi daya tarik untuk wisatawan dan umat yang berkunjung ke Pura Mobil ini.

Biasanya banyak wisatawan yang mencoba berfoto disini karena menarik. Selain itu untuk mereka yang mencoba ingin sembahyang dengan model pura yang unik juga cukup banyak. Plat mobil VW KD 013 yang memiliki arti Karang Dawa dan tahun pembugaran pelinggih tersebut pada tanggal 01-01-2013. Dan plat mobil Jimmy DK 28703 GL. DK merupakan plat nomor kendaraan untuk Provinsi Bali, 28-7-2003 merupakan tanggal pembugaran dan GL berarti Gunung dan Lebah (jurang).

Akses ke Paluang Cliff

Paluang Cliff

Paluang Cliff by suannysoo

Untuk bisa mencapai tempat ini, kita harus melewati sedikit rawa-rawa dan perlu hati-hati juga karena kita bisa kena baret akibat gesekan dengan berbagai jenis tanaman yang ada di rawa-rawa tersebut. Jalanan yang harus dilewati juga terhitung sangat sempit dan hanya satu arah saja. Bisa dibilang, spot ini merupakan spot tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang dan jika anda sampai disana tentu kenyamanan dan suasana sepi yang anda dapatkan.

Spot Paluang Cliff ini berada diatas tebing, yang perlu diingat tidak ada pembatas dan pengaman. Sehingga akan terlihat pemandangan laut lepas, namun anda harus ekstra hati-hati. Untuk anda yang takut pada ketinggian disarankan untuk tidak berfoto diarea tebing karena tempat anda berpijak sangat dekat dengan jurang. Namun anda tetap bisa mengabadikan moment di spot ini dengan mengambil foto dari kejauhan, hindari mengambil foto yang dekat dengan jurang.

Untuk mendapatkan momen yang indah sebaiknya anda mengunjungi objek wisata ini pada sore hari yaitu pukul 16.00 Wita, dimana anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dan indahnya nuansa di sore hari tentunya menjadikan liburan anda semakin berkesan.

Pura Paluang terketak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Oleh karena itu pura ini juga dikenal dengan Pura Karang Dawa.

Untuk mencapai lokasi pura ini dari pelabuhan Nusa Penida kalian bisa menempuh dengan sepeda motor sekitar 40 menit. Dengan keadaan jalanan yang berpasir dan agak sulit untuk dilalui. Sepanjang perjalanan kalian akan melewati semak belukar, tebing berkapur dan beberapa rumah penduduk. Sesekali akan melewati beberapa pemukiman warga dan melihat keindahan laut dari kejauhan. Tetapi pura ini letaknya jauh dari area pemukiman penduduk.

Kelebihannya dan Kekurangan Tempat Wisata 

Paluang Cliff

Paluang Cliff by mrizkirifald

  1. Dapat melihat keindahan batu besar di Kelingking Beach dari belakang
  2. Spot yang masih sangat perawan dan masih banyak orang yang belum tahu tempat ini
  3. Salah satu spot terbaik untuk melihat sunset
  4. Jika anda yang menyukai tempat yang tidak terlalu ramai maka sangat pas

Kekurangannya:

  1. Potensi pariwisata di sini masih sangat banyak untuk dikembangkan
  2. Akses yang masih sulit karena jalan menuju ke sini ditutupi oleh rawa-rawa dan hanya satu jalan saja. Kita bisa terluka bila tidak berhati-hati mengendarai sepeda motor
  3. Spot untuk tempat berfoto tidak diberikan batas aman seperti tali atau bentuk lainnya. Jadi risiko kepleset atau jatuh ke jurang dan laut sangat besar
  4. Signal provider telekomunikasi tidak bagus
  5. Tidak ada toilet umum ataupun warung di lokasi ini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.