Satu-satunya Museum Kerang Indonesia “Bali Shell Museum”

Bali memiliki sederetan wisata yang bisa anda hampiri dan juga jalankan. Dimana ada banyak tempat diantaranya adalah :

  1. pantai kuta
  2. pantai sanur
  3. pura
  4. tanah lot
  5. danau
  6. ubud
  7. kuta
  8. seminyak
  9. arung jeram dan
  10. museum kerang!

Bali punya sederet museum unik yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Bali Shell Museum, satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia. Nah mungkin Balikoala banyak yang belum tahu, dimana tempat ini memilik banyak fosil kerang dalam beragam jenis, serta berusia ratusan tahun!

Apabila anda berjalan-jalan Kuta, Bali, Anda akan melihat sebuah bangunan besar berbentuk cangkang kerang. Sesuai namanya, itu adalah Bali Shell Museum yang satu-satunya di Indonesia. Museum kerang ini adalah “adik” dari museum kerang yang ada di Prancis, Thailand, Jepang, Filipina, dan AS.

Museum Kerang di Bali

Ketika berada di pantai, selain bermain air dan pasir. Hal lain yang menyenangkan untuk dilakukan adalah mengambil kerang atau kulit kerang untuk dijadikan hiasan atau aksesoris. Museum paling unik dan satu – satunya di Indonesia. Museum ini memiliki luas sekitar 1.500 meter persegi, dan terbagi menjadi 3 bagian. Selain itu, museum Kerang menyimpan kurang lebih sekitar 10 ribu aneka kerang dan fosil yang berasal dari berbagai negara yang usianya antara 100 – 150 juta tahun, teman – teman.

Museum Kerang Bali mulai berdiri sejak September 2009.Bangunan museum berbentuk seperti layaknya cangkang kerang dan memiliki luas 1.500 m2. Konon untuk membangun museum kerang dana yang dikeluarkan mencapai Rp 6 Miliar. Kerang-kerang yang dipamerkan di dalam Museum Kerang Bali sendiri merupakan koleksi dari seorang kolektor kerang asal Surabaya, Oentoeng Sutanto.Hingga kini terdapat sepuluh ribu aneka kerang dan fosil kerang yang dipamerkan di Museum Kerang Bali.

Apa saja yang ada disana ?

Bangunan museum ini memiliki 3 lantai.Lantai satu terdapat pajangan aneka kerang yang sudah dibentuk menjadi hiasan rumah, lampu, aksesoris sampai pernak-pernik yang tertata rapi.Kemudian di lantai dua barulah anda dapat melihat aneka koleksi kerang maupun fosil kerang.Salah satu fosil kerang yang popular di Museum Kerang Bali yakni fosil Orthoceras, fosil kerang mirip cumi-cumi.Fosil tersebut diperkirakan sudah berusia 395 juta tahun.

Terdapat pula Crinoid (fosil kerang menyerupai tumbuhan bunga), crinions (fosil kerang terbesar di asia dengan lebar 1,4 meter dan berat 1.7kg) dan Cyprae Moneta (kerang yang pernah dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah pada zaman dahulu). Lalu di lantai tiga, para pengunjung dapat menemui aneka biota laut seperti fosil bulu babi, hiu dan bintang laut.Di tempat wisata Museum Kerang sembari melihat ribuan koleksi museum, pengujung juga mendapat informasi dan pengetahuan sembari berkunjung.

Kerang pada Museum Kerang Bali sendiri didapatkan tidak hanya dari perairan Indonesia bahkan dari perairan di dunia. Dan kalian perlu tahu, bahawa ternyata usia fosil kerang di dalam museum ini mencapai 100 – 500 juta tahun loh.

Waktu dan Tiket

Museum Kerang (Bali Shell Museum) sendiri buka setiap hari mulai pukul 09.00 dan tutup pada pukul 21.00 wita.
Sedangkan untuk harga tiket masuk sendiri, berikut ulasannya :
  • Harga Tiket Masuk Museum Kerang (Bali Shell Museum) untuk dewasa – Rp. 50.000
  • Harga Tiket Masuk Museum Kerang (Bali Shell Museum) untuk anak anak – Rp. 30.000
Demikianlah Harga Tiket Masuk Museum Kerang (Bali Shell Museum) Terbaru, bagi anda yang hendak berangkan berwisata ke Bali anda sudah dapat menjadikan Museum kerang Bali sebagai salah satu tujuan wisata anda.

Jalan Menuju Museum Kerang Bali

Museum Kerang Bali terletak di Kuta Bali tepatnya di Sunset Boulevard Road. Jalan menuju Museum Kerang Bali dapat diakses via Jl. Teuku Umar dan Jl. Imam Bonjol apabila anda dari kota Denpasar. Perjalanan menuju objek wisata memakan waktu kurang lebih 21 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Nah bagi Anda yang sedang berlibur di Bali, jangan lupa untuk berkunjung ke Museum Kerang Bali. Bagi Anda yang dari luar kota yang ingin berlibur ke Bali, dapat menempuh perjalanan udara dengan berbagai pilihan maskapai seperti ; AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Garuda Indonesia dan lain-lain.Nah, untuk biaya perjalanan lebih hemat.

Wisatawan yang berkunjung ke museum ini tak hanya dari domestik, tapi juga mancanegara seperti AS, Jepang, Australia, Eropa, dan Malaysia. Dijamin, Anda tak akan menyesal datang ke Bali Shell Museum ini. Selain memperkaya pengetahuan, Anda juga bisa melihat kekayaan alam yang tak ternilai harganya.

Para pengunjung juga bisa menonton film dokumenter tentang kehidupan kerang. Kisah tentang proses pencarian dan penemuan fosil kerang juga bisa dilihat di tempat ini. Jadi, jika Anda berlibur ke Bali, tak ada salahnya mengunjungi museum ini untuk berwisata sekaligus mempelajari aneka kerang yang ada di dunia.

Leave a Reply