Wisata Alam Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Bali merupakan sebuah pulau wisata yang namanya sudah tersohor hingga ke mancanegara. Setiap harinya, pulau dewata ini selalu dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. Kebanyakan wisatawan internasional datang ke Bali untuk mengeksplor keanekaragaman budaya yang masih kental. Sedangkan wisatawan domestik kebanyakan mencari lokasi wisata alam yang masih alami.

Sebagian besar wisatawan domestik saat liburan di Bali, akan memilih objek wisata di Bali selatan untuk di kunjungi. Hal ini disebabkan karena objek wisata di bagian selatan Bali, telah memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk menjadi tempat wisata. Seperti dekat dengan Bandara Ngurah Rai, tersedia banyak pilihan hotel dan restoran, serta Bali selatan adalah tempat terbaik jika wisatawan ingin wisata ke pantai pasir putih di Bali.

Saat ini terjadi trend di kalangan wisatawan domestik yang sering berlibur di Bali, untuk melakukan aktivitas wisata yang bersifat petualangan ke alam. Pulau Bali menyediakan aktivitas wisata alam yang dikelola secara professional sehingga menarik minat wisatawan domestik untuk mencoba.

Aktivitas wisata Alam yang saat ini lagi trend di Bali seperti Bali rafting, trekking dan wisata bersepeda. Jika aktivitas rafting dan wisata bersepeda pastinya anda sudah tahu, bagaimana dengan aktivitas trekking?

Menuju Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit by ehrinho

Setelah sampai ke lokasi obyek wisata air terjun Gitgit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam yang terpampang depan mata. Hembusan angin sepoi-sepoi pun seraya ikut membawa embun atau uap yang diterbangkan angin menerpa wajah yang terasa begitu segar.

Terdapat pula rerimbunan pohon serta rambatan semak pada tebing yang seakan menambah kealamian obyek wisata air terjun Gitgit. Objek wisata air terjun Gitgit di Bali ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Buleleng. Obyek wisata air terjun Gitgit ini sangat mudah ditemukan.

Pasalnya, untuk menuju obyek wisata air terjun Gitgit tersebut telah ada papan keterangan menuju ke air terjun tersebut. Untuk info lebih jelasnya, anda dapat simak pesona obyek wisata air terjun Gitgit berikut ini.

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit by minnesota_mags

Pesona Obyek Wisata Air Terjun Gitgit Bali

Untuk mencapai lokasi obyek wisata air terjun Gitgit dari parkir pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalur persawahan, kebun cengkeh, dan kopi. Obyek wisata air terjun Gitgit menawarkan nuansa alam sejuk begitu khas pada daerah-daerah dataran tinggi pegunungan.

Air terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Dari kota Singaraja berjarak 11 km ke arah Selatan, dari Denpasar berjarak 90 km. Dengan ketinggian 35 meter. Tour ke kawasan Bali Utara, selain Lovina, menjadi tujuan para pelancong. Selain dengan cara ikut tour, para wisatawan bisa sewa mobil di Bali.

Selain digunakan sebagai objek wisata, air terjun Gitgit juga sering digunakan sebagai tempat pemotretan oleh para photografer yang ingin memilih nuansa air terjun sebagai objeknya. Disana pengunjung tidak hanya untuk melihat dan berfoto, di tempat wisata air terjun Gitgit ini anda bisa berenang dengan kondisi air yang bersih.

Air terjun di sekitar Gitgit

Selain air terjun Gitgit, ternyata di sekitarnya ada beberapa air terjun lainnya yang patut untuk dieksplor juga, yaitu air terjun kembar, air terjun bertingkat, dan air terjun colek pamor.

Air Terjun Kembar

Air terjun kembar atau yang juga biasa disebut air terjun Campuhan adalah satu dari beberapa air terjun terdekat dari air terjun Gitgit. Campuhan itu sendiri berasal dari bahasa Bali yang berarti air yang bercampur.

Air terjun kembar ini memiliki bentuk yang sangat unik, karena memiliki dua tebing yang mengapit dengan pepohonan yang hijau dan rimbun.

Keistimewaan lain adalah air terjun ini memiliki dua sumber air terjun yang jatuh di satu kolam.

Kedua air terjun memiliki bentuk yang berbeda, namun keduanya sama-sama indah. Bersatunya kedua air terjun tersebut juga semakin menambah keindahan air terjun.

Air Terjun Bertingkat

Dinamakan air terjun bertingkat adalah karena ada beberapa tingkatan di air terjun tersebut yang terbentuk karena bebatuan yang bertingkat. Lokasinya tidak jauh dari air terjun sebelumnya.

Di air terjun ini ada sebuah jembatan yang melintasi sungai di depan air terjun sehingga wisatawan bisa berdiri di depan air terjun secara langsung.

Air terjun ini tidak memiliki kolam tampung, dan airnya langsung mengalir ke sungai di bawahnya. Suhu di sana juga sangat sejuk karena masih berada di lereng pegunungan.

Air Terjun Colek Pamor

Berbeda dengan tiga air terjun sebelumnya, air terjun ini adalah air terjun yang sangat alami. Lokasinya pun berada di tengah hutan dan biasa digunakan oleh para pegiat alam bebas untuk trekking.

Jalur trekking ke air terjun ini masih sulit dan harus melewati jalan setapak yang kadang licin, apalagi setelah hujan. Selain itu tidak ada penunjuk jalan yang terpasang jika ingin datang ke sana.

Akibatnya tidak banyak wisatawan yang mampir. Namun jika kamu ingin mengunjunginya, lebih baik mengajak orang yang sudah pernah datang ke sana agar lebih aman dan tidak tersesat.

Biaya Tiket Masuk

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit by suslik_one

Setelah anda tiba di areal parkir objek wisata air terjun Gitgit, untuk menuju loket masuk air terjun Gitgit anda harus berjalan kaki sekitar 50 meter melewati tangga dengan lantai batu paving dan ada pembatas besi dipinggir jalan setapak.

Selama perjalanan dengan berjalan kaki menuju loket masuk air terjun Gitgit, anda akan melihat pemandangan sawah dengan suasana pedesaan, serta melewati beberapa kebun cengkeh dan kebun kopi.

Setiap pengunjung yang akan masuk ke kawasan obyek wisata air terjun Gitgit dikenakan tiket masuk Rp. 5000 / dewasa dan Rp 3.000 / anak.

Leave a Reply