Uniknya dan Sakral, Wisata Goa Giri Putri Nusa Penida Bali

Membicarakan mengenai Bali maka akan ada beberapa hal yang langsung teringat, yaitu budaya, adat Bali, pantai dan agama Hindhu. Meskipun menjadi tempat wisata, tak pernah mengalami degradasi adat dan budaya serta agama. Salah satunya adalah goa dimana terdapat beberapa tempat goa yang menjadi sasaran wisatawan dan juga tempat ibadah. Goa Gajah dan Goa Lawah, Wisata Unik Goa Gala-Gala Underground House juga banyak dikunjungi karena keindahannya. Salah satu Goa yang memiliki fungsi untuk keagamaan serta memiliki penampilan yang indah bernama Pura goa giri putri di Desa Suana.

Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Pura Giri Putri ini akan memberikan pengalaman berbeda yang jarang sekali ditemukan di kawasan pariwisata lainnya di Bali.

Sejarah Goa Giri Putri

Konon, di zaman Neolithikum dulu manusia hidup tanpa norma, tanpa kaidah, hingga berlaku suatu pola normatif homo-homini lupus atau manusia satu menjadi “serigala” bagi manusia yang lain. Menurut filosofinya lantas berlaku hukum rimba, siapa kuat dia menang layaknya hewan atau binatang.

Hal ini menjadikan banyak orang berusaha mempertahankan hidup dari keganasan alam, seperti amukan binatang buas, hujan lebat, terjangan angin, dan sengatan sinar mentari. Selain itu mereka juga memerlukan tempat perlindungan dan reproduksi keturunan demi keberlangsungan hidup.

Selain penggunaan goa seperti itu, goa juga konon dijadikan tempat bertapa untuk memohon anugerah langsung dari para dewata. Untuk pembuatan goa sendiri umumnya terdapat aliran sungai, kelelawar, ular, dan stalagnit (endapan menyerupai batu tumbuh dari bawah goa mengarah ke langit-langit goa) maupun stalagtit (endapan yang menyerupai bebatuan, muncul dari dinding/langit-langit goa mengarah ke lantai goa).

Adanya Goa Giri Putri

Goa giri putri

Goa giri putri by daim_official

Hal seperti ini yang mendasari mengapa hadir goa giri putri, dimana awalnya kata “giri” itu sendiri artinya gunung atau pegunungan atau bukit.  Sementara “putri” berarti wanita. Dalam konsep ajaran Hindu, “putri” yang dimaksud adalah nama simbolis bagi kekuatan Tuhan, memiliki sifat keibuan atau kewanitaan.

Sehingga Goa Giri Putri adalah sebuah ruang atau rongga dengan ukuran tertentu sebagai tempat bersemayam kekuatan Tuhan dalam manifestasinya berupa wanita (disebut Hyang Giri Putri), tiada lain adalah salah satu sakti dari kekuatan Tuhan dalam wujud-Nya sebagai Siwa. Di sini, Giri Putri adalah nama yang diberikan pada salah satu goa terbesar yang berada di Pulau Nusa Penida dan tidak sembarangan.

Penjelasan Geografis Goa Giri Putri

Universitas Warmadewa melakukan penelitian pada goa giri putri di tahun 2007, goa ini diperkiraan memiliki panjang sekitar 262 meter dan letaknya sekitar 150 meter diatas permukaan laut. Selain itu goa ini terdapat saluran air, stalagmit, stalagtit, kelelawar dan ular.

Ada empat area utama di kawasan goa yang digunakan sebagai area persembahyangan utama. Yang pertama letaknya di depan goa dan tiga lainnya ada di dalam Goa. Sebelum tahun 1990, goa ini hanya digunakan sebagai tempat wisata bagi wisatawan lokal tidak boleh didatangi oleh orang asing dan hanya pada hari Galungan dan Kuningan). Selain itu, air di dalam Goa digunakan sebagai air suci untuk upacara.

adapun keunikan yang bisa anda dapatkan disini adalah :

  1. Sebenarnya goa giri putri ini adalah jalur masukknya sangat kecil dan jika diukur jalurnya hanya sebesar ember. jika dikira orang dewasa rasanya tak akan mampu masuk ke dalam. Namun, ternyata kita bisa melewatinya tanpa hambatan.
  2. Terlebih lagi, orang-orang akan terkesima saat masuk ke dalam dan melihat ruangan di dalam goa yang begitu luas dan besar sehingga mampu memuat sekitar 5000 orang.
  3. Anda harus menaiki puluhan anak tangga menuju tempat persembahyangan, terutama jika memang anda umat hindu dan ingin mencoba melakukan persembahyangan disini maka akan ada puluhan anak tangga yang harus dilalui.
  4. Pura ini juga memiliki hubungan erat dengan dua pura lain yang juga termasuk pura terbesar di Pulau Nusa Penida.
  5. Ketika anda mengantre di pintu masuk goa, merasakan pengapnya udara di dalam goa, udara panas, saling berdesakan satu sama lain, dan akhirnya melihat sinar matahari dari pintu keluar. Setelah melewati itu semua akan dirasakan kenyamanan dan kehangatan dalam diri.

Akses Masuk Goa

Akses masuk ke dalam goa giri putri  ini terdapat di atas sebuah bukit, sehingga kita perlu menaiki kurang lebih 100 tangga mulai dari tempat parkir untuk tiba di pelataran pura. Anak tangga menuju pelataran pura ini cukup baik dan ditutup atap sehingga tidak terlalu panas dan melelahkan, selain itu anak tangga tidak tinggi. Untuk masuk anda  harus menggunakan kain, kita bisa menyewa kain ini di tempat parkir dengan harga Rp. 10.000 per kain.

Goa giri putri

Goa giri putri by _yingtran

Tahapan Persembahyangan

Tahapan Persembahyangan di Pura Khayangan Jagat Goa Giri Putri

  1. Linggih Ida Hyang Tri Purusan dan Ganapati
  2. Linggih Ida Hyang Wisnu dan Wasuki
  3. Linggih Ida Hyang Dewi Gangga (tempat melukat)
  4. Linggih Ida Hyang Giri Pati
  5. Linggih Ida Hyang Giri Putri
  6. Linggih Ida Hyang Siwa Amerta, Rambut Sedana, Ratu Mas Manik Melanting, Ratu Syahbandar, Dewi Kwan Im, Dewa Langit dan Dewa Bumi.

Selain itu ada patung Dewi Kwan Im di dalam goa ini dipercaya adalah hasil akulturasi kepercayaan Hindu serta gama Budha. Tentu hal ini benar-benar tidak bisa dipercaya, dua kepercayaan dalam satu tempat dan adanya akulutrasi. Di mana Dewi Kwan Im dipercaya sebagai dewi yang memberi berkah dan pembawa rejeki dan ungkapan syukur atas hasil panen laut dan ladang di Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

 

Leave a Reply