Wisata Tersembunyi Angel’s Billabong Nusa Penida Bali

Keindahan tempat wisata di Bali benar-benar beragam. Hal ini dibuktikan dengan tempat wisata favorit banyak orang yaitu Angel’s Billabong Nusa Penida, yang memang tempat wisata ini sudah tidak diragukan lagi. Keunikan yang dimiliki objek wisata ini mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang selalu ingin datang dan merasakan suasana nyaman dan tenang di surga tersembunyi di Nusa Penida khususnya untuk anda yang benar-benar ingin berwisata tersembunyi.

Nama Angel’s Billabong berasal dari kata “Angel” yang bermakna malaikat/bidadari, dan “Billabong” yang bermakna sebuah ujung dari sungai yang buntu. Sehingga dapat diartikan bahwa Angel’s Billabong Nusa Penida adalah tempat yang berupa ujung dari sebuah sungai dengan keindahan layaknya bidadari. Banyak legenda menjelaskan bahwa tempat ini tertutup karena menjadi tempat mandinya para bidadari.

Akses Menuju Lokasi

Untuk sampai ke Pulau Nusa Penidanya saja, maka kita dapat menyeberang menggunakan speedboat dari dermaga penyebrangan di Sanur Bali. Terutama untuk anda yang memang tidak menyewa hotel disekitaran area Nusa penida. Saat ini sudah banyak sekali operator speedboat yang melayani trayek Sanur – Nusa Penida dan jangan takut untuk ketinggalan atau bahkan tidak kebagian.

Dimana speedboat akan melayani dan berangkat hampir setiap jamnya, jadi silahkan pilih dan sesuaikan dengan waktumu anda. Jika ingin lebih puas mengeksplore keindahan Pulau Nusa Penida, maka sarannya sebaiknya menginap saja di pulaunya, atau bisa juga mengambil trayek dari Sanur ke Pulau Nusa Lembongan atau Pulau Nusa Ceningan kemudian menginap di pulau tersebut dan bisa mengambil paket seharian tour dengan starting point dari Pulau Nusa Lembongan atau dari Pulau Nusa Ceningan menuju ke Pulau Nusa Penida, karena lokasi ketiga pulau ini sangatlah berdekatan.

Jika sudah sampai di Pulau Nusa Penida, maka perjalanan darat di pulaunya dapat dilanjutkan menggunakan sepeda motor, anda tidak perlu khawatir karena bisa sewa di pulau ini, sekalian sewa guidenya karena anda terutama yang baru pasti akan pusing mencari lokasinya yang super susah, terpencil. Selain itu bisa menyewa mobil meskipun tarifnya lumayan mahal, karena masih terbatas jumlah mobil sewanya. Saat kunjungan anda bisa menyewa mobil seharga Rp 400 ribu untuk trip seharian mengelilingi pulau ini ke beberapa tempat yang lokasinya berdekatan, karena kalau kita memilih beberapa lokasi wisata yang jaraknya cukup berjauhan, maka ongkos sewa mobilnya juga menjadi lebih mahal. Dan, mobilnya juga bukan sejenis Avanza berAC, tapi semacam mobil angkot yang biasa saja namun tidak terdapat AC.

Aktifitas di Angel’s Billabong

Ange's Billabong

Ange’s Billabong by @namakunatan

Aktivitas paling menyenangkan yang bisa dilakukan di Angel’s Billabong Nusa Penida tentu saja adalah berenang. Berenang di sini Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Lokasinya yang tenang dan nyaman akan membuat Anda betah berlama-lama berenang di tempat ini. Selain itu view lautan menjadi nilai tambah yang tak terkira saat berenang di lokasi ini.Bahkan sekali-kali Anda juga akan mendengar deburan keras ombak lautan yang menghempas, karena memang Angel’s Billabong Nusa Penida ini berbatasan langsung dengan laut.

Namun, perlu diperhatikan juga mengenai keselamatan Anda. Anda harus tetap memperhatikan pasang surut air laut ketika berenang di Angel’s Billabong Nusa Penida. Ini karena ketika air laut sedang pasang, biasanya air laut akan membawa ombak masuk menembus bebatuan. Oleh karena itu pengunjung diharapkan tidak berenang terlalu jauh ke tepi perbatasan kolam Angel’s Billabong dengan lautan.

Hal yang Perlu diperhatikan

Nah jika anda sudah meliat kolam jernih, tentu banyak turis yang rasanyalangsung ingin nyebur dan berenang. Namun anda harus menunda semangatnya, karena untuk dapat sampai ke airnya maka masih ada perjuangan lanjutan. Dimana anda harus menuruni tebing-tebing batunya dulu yang astaga naga batu-batunya tuh lumayan tajam.  Ditambah lagi tebingnya yang lumayan curam, jadi memang dibutuhkan jiwa petualang untuk bisa berani turunnya. Kalo dilihat sekilas mudah namun ketika dilaksanakan bisa sangat menyeramkan.

Selain itu anda bisa sambil duduk di batu-batu tebingnya trus turun deh pelan-pelan. Nah masalahnya, Angel’s Billabong merupakan tempat wisata yang bisa berpotensi menimbulkan permasalahan karena ombaknya yang cukup besar. Baiknya jika memang anda membutuhkan tempat wisata yang aman-aman saja dan membawa anak-anak maka tidak disarankan untuk datang ke sini. Namun jika semua berisikan orang dewasa lebih baik dengarkan instruksi yang ada.

Sebenarnya semua permainan yang melibatkan pantai tentu harus berhati-hati dan mendengarkan instruksi secara jelas. Karena akan membahayakan jika anda tidak mendengarkan aturan atau melanggar aturan. Terutama ketika air laut sedang pasang banyak turis yang memaksakan,kita tidak pernah tahu seperti apa ombak di laut tersebut.

Namun untuk Angel’s Billabong sudah dipastikan anda tidak akan kecewa. Angel’s Billabong terletak diantara karang pantai yang tidak beraturan dan tajam. Untuk melihat keindahan dan keeksotisan tempat ini, Anda harus mendekati ujung karang. Sebab, tempat ini berada di dua karang yang membelah, sehingga nampak sebagai kolam di tengah-tengahnya. Genangan airnya berasal dari laut dan sungai di sekitarnya, ketika ombak sedang pasang maka airnya akan masuk ke tempat tesebut.

Deburan ombak dan ketenangan suasanya bagaikan melodi alam yang menenangkan tubuh dan pikiran. Seakan-akan semua beban dan masalah hilang, yang ada hanya kedamaian dan kebahagiaan saja. Sejak ramai di jejaring sosial, Angel’s Billabong menjadi tempat yang menarik dikunjungi para wisatawan lokal dan mancanegara. Letaknya yang unik menjadikannya primadona wisata ke Nusa Penida.

Leave a Reply