Juara Pemandangan Matahari Terbit Ala Pantai Sanur Bali

Bila anda dari luar bali dan melakukan tamasha ke pulau Bali saat SMA pasti salah satu tujuan utama wisata adalah pantai sanur. Memang pantai ini adalah salah satu gerbang dan asal mula populernya pariwisata di Bali hampir 100 tahun lalu dan juga sebagai tempat bersejarah karena di pantai inilah pasukan bala tentara Belanda di 1916 lalu melakukan agresi militer besar besaran ke pulau Bali khususnya untuk menyerang kerajaan Badung sebagai bentuk intervensi pemerintahan kemudian dikenal dengan Perang Puputan.

Dari segi pariwisata Pantai ini adalah salah satu pantai paling terkenal di Bali, namun tidak seperti pantai-pantai terkenal di Bali lainnya seperti pantai kuta atau pantai dreamland. pantai sanur cenderung lebih sepi untuk pantai yang sangat terkenal dan bersejarah. Walaupun perlahan kehilangan popularitas tetapi pantai ini tetap menjadi salah satu tujuan utama tempat wisata di Bali.

Sejarah Awal Pantai Sanur Populer

Pantai Sanur

Pantai Sanur by peppinemaria

Pantai Sanur pertama kali diperkenalkan oleh pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayeur bersama istrinya Ni Polok yang menetap di sana sejak tahun 1937 dan mengadakan pameran lukisan karyanya sendiri. Daya tarik pantai Sanur sebelah Utaranya melingkar seperti setengah lingkaran dan bagian Selatannya berbelok dari Timur ke Barat, dimana gelombang air lautnya tak begitu besar dan bila airnya surut terlihatlah batu karang yang membentang berwarna-warni. Pada hari mendekati bulan mati air lautnya naik dan gelombangnya agak besar. Di sebelah Tenggara terlihatlah gugusan pulau Nusa Penida di seberang laut dan di sebelah Timur kelihatan panorama pantai Selatan Pulau Bali dengan gunungnya.

Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya.

Akses dengan Mudah

Perkembangan pariwisata Sanur sangat membantu masyarakat bidang ekonomi, mata pencaharian mulai beralih, dari sektor agraris dan nelayan lambat laun berubah ke sektor pariwisata dan pedagang. Sanur memberikan akses mudah ke berbagai tempat penting di Bali, seperti pusat kota hanya 6 km sebelah Baratnya, Bandara sekitar 35 menit, Pelabuhan Benoa 15 menit dengan kendaraan, dan berbagai objek wisata lainnya sangat mudah dijangkau dari tempat ini.

Dimana lokasi Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Jl. Kusuma Sari No.1, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Berkunjung ke sini, bisa dengan ikut paket tour ataupun sewa mobil. Berbagai perkembangan positif bisa dinikmati warga setempat, tapi kesan negatif seperti beberapa bagian di kawasan ini menjadikan tempat “esek-esek” dunia malam sementara sampai saat ini masih belum bisa ditertibkan dan menjadi pekerjaan rumah pemerintah setempat, lembaga adat dan masyarakat setempat.

Keunikan dan Fasilitas

Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali ini menawarkan ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbit. Karena ombak pantai ini sangat tenang, maka pantai ini tidak cocok untuk olahraga surfing. Tapi pantai ini menyediakan permainan pantai di Bali yang lain, seperti seawalker Bali, scuba diving dan snorkeling.

Selain dayak tarik pantai, pasir putih keindahan pantai Sanur juga terdapat pada sunrise. Kebalikan dari pantai Kuta yang menawarkan pemandangan matahari terbenam, oleh karena itu pantai ini memiliki nama lain, yaitu pantai matahari terbit. Wisata pantai Sanur di Bali sangat cocok untuk liburan anak-anak anda. Anak-anak anda dapat berenang di arus laut yang tenang dan juga tidak dalam.

Bagi anda yang ingin mengenalkan anak-anak anda dengan wisata bahari bawah laut, anda dapat mencoba seawalker di pantai Sanur. Di sepanjang bibir pantai sangat cocok untuk melihat pemandangan matahari terbit. Jika anda menyukai olah raga jogging, pantai ini juga menyediakan sarana jalur jogging yang terbentang dari dari utara ke selatan dan berada di pinggir pantai.

Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Rumah makan

– penginapan

– bungalow

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– artshop

– dan masih banyak lainya

sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Denpasar. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju sanur hingga sampai di lokasi Objek Wisata Pantai Sanur di Denpasar Selatan tersebut.

Leave a Reply

11 + 17 =