Berkemah Unik nan Indah di Sembalun Lawang Lombok Timur

Sembalun Lawang adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di sebelah utara kaki Gunung Rinjani, rasanya tidak ada orang yang tidak tahu Gunung indah ini. Desa kecil yang indah dan jauh dari perkotaan ini berada di ketinggian sekira 1.156 m ini menyuguhkan pemandangan alam sekaligus menjadi salah satu jalur populer titik awal pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 m dpl).

Karena dengan otomatis banyak pendaki yang melewati desa inilah maka desa Sembalun Lawang akan selalu terekam keindahannya dan pesonanya. Semakin lama banyak orang yang justru tertarik datang ke desa ini. Desa Senaru adalah pintu gerbang lainnya untuk mencapai kemegahan Gunung Rinjani yang berlokasi di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Luasan Desa dan Penduduk

Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Lombok Timur ( Selong ). Desa Sembalun Bumbung memiliki wilayah terluas yaitu 57,97 Km2 atau sekitar 26,70 % dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Sembalun, dan yang tekecil adalah Desa Sembalun Timba Gading dengan luas 15,76 Km2.

Desa-desa yang berada di Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter diatas permukaan laut. Jarak tempuh tiap desa ke ibukota kecamatan relatif dekat, jarak yang paling jauh yaitu dari Desa Sajang dan Desa Bilok Petung yang mencapai 6 km dan 15 km. Sedangkan jarak terdekat ke ibu kota kecamatan adalah Desa Sembalun yaitu 0.025 km (25 m), karena kantor kecamatan ada di dasa tersebut.

Jumlah penduduk Kecamatan Sembalun keadaan pertengahan tahun 2012 mencapai 19.051 jiwa. Jumlah penduduk perempuan lebih banyak yaitu 9.861 jiwa, sedangkan penduduk laki-laki sebanyak 9.190 jiwa.

Sembalun Lawang

Sembalun Lawang by cahjong

Keunikan Desa Sembalun

Desa Sembalun Lawang memiliki suhu yang sejuk menjadi favorit sebagai titik awal pendakian karena membuat pendaki dapat menghemat energi dan waktu untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Dalam perjalanan menuju desa ini selama kurang lebih 4 jam dari Mataram, Anda akan disodori pemandangan alam hijau permai berlatar Gunung Rinjani yang gagah.

Perjalanan dari Kota Mataram menuju Sembalun melewati jalan aspal yang berkelok-kelok, hutan, ladang pertanian, dan bahkan pemadangan laut Gili Trawangan dari kejauhan. Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran betingkat-tingkat. Nuansa pedesaan kental terasa terutama saat melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisonal.

Setibanya di Desa Sembalun, pemandangan alam yang lain sudah menunggu untuk dikagumi. Selain hijau oleh pepohonan dan vegetasi pegunungan, desa ini nyaris dikelilingi oleh megahnya tebing-tebing batu yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat.

Dinding batu ini adalah hasil pembekuan materi letusan atau lava yang dimuntahkan Gunung Rinjani ratusan tahun lalu. Di beberapa bagian, tampak lumut dan rerumputan melapisi batuan tersebut menambah pesona kecantikannya. Udara segar pegunungan akan memenuhi paru-paru Anda. Sungguh nuansa dan pemandangan alam tropis yang eksotis dan berkesan.

Bukit Kemah yang Indah

Bagi anda yang hobi naik gunung, ditutupnya Gunung Rinjani memang cukup bikin galau. Terutama saya yang hobi banget naik turun gunung. Hehe. Tapi tenang, meskipun Gunung Rinjani ditutup, ada tiruannya loeh, yang gak kalah eksotis pemandangannya bahkan menurut teman-teman yang lain, ini jauh lebih indah daripada berada di Puncak Rinjani.

Bukit Pergasingan yang memiliki ketinggian 1700an mdpl, menawarkan solusi alternatif buat kalian yang pengen naik gunung saat Rinjani ditutup. Mendaki kurang lebih 3 jam kalian sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahraga atau kepintaran main gasing diantara mereka.

Bagi yang ingin bermalam camping di bukit Pergasingan ini, perlengkapan tracking tetap harus dipersiapkan. Begitu juga dengan logistik yang memadai. Jalur pendakian tidak bisa dianggap sepele karena di beberapa titik kita akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat. 3 jam pendakian akan sangat melelahkan namun itu juga setimpal dengan pemandangan yang disajikan baik saat dalam perjalanan mendaki sampai anda berada di puncak.

Sembalun lawang

Sembalun lawang by idhasektiwahyuni

Wisata Lainnya di Sembalun Lawang

Sembalun juga punya sebuah air terjun yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Namanya adalah Air Terjun Mangku Sakti. Jika kamu punya waktu lebih di Sembalun jangan lewatkan untuk mengunjungi air terjun yang satu ini. Debet air di air terjun ini cukup tinggi sehingga kalau ingin berenang di kolam yang ada di bawahnya kamu harus berhati-hati. Belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan air terjun ini sehingga suasananya masih sangat natural. Air yang jatuh dari Air Terjun Mangku Sakti mengalir ke sebuah sungai kecil yang dipenuhi oleh batu-batu alam yang indah. Suasananya alami banget

Selain itu anda bisa menghampiri perumahan khas Lombok Timur yang ada di daerah tersebut. Anda pasti akan terkesima dengan budaya yang dihasilkan dan juga berbeda dari budaya lainny. Untuk anda yang memang menyukai adat yang spesial dari sebuah daerah maka ke sini merupakan tempat yang tepat. Selain itu, sembalun lawang memiliki banyak spot foto tersembunyi yang bisa anda ambil dan anda dapatkan dengan bebas di bagian mana saja.  Namun perlu diingat, jangan merusak pepohonan dan vegetasi yang ada di sekitarnya.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.