cara ke Gili trawangan

cara ke gili trawangan

Halo kali ini admin sedang berada di Lombok, dan admin akan menjelaskan cara ke Gili trawangan dengan budget yang murah atau backpaker.

Admin kebetulan tinggal di Denpasar, jadi akan dijelaskan cara ke gili trawangan dari denpasar. Admin berangkat pagi jam setengah 6 subuh. Sebelumnya admin sudah mempersiapkan barang apa aja yang akan di bawa. Karena admin cowok, admin hanya membawa 4 lembar baju kaos dan 2 celana pendek. Tidak usah bawa barang terlalu banyak dan yang kurang penting untuk di bawa, karena akan merepotkan kalian saat beres beres nanti.

Dari Denpasar kalian cari jurusan Pelabuhan padang Bai. Kebetulan admin naik sepedah motor ,jadi bagi teman yang berasal dari luar kota lebih baik menggunakan mobil private tour yang bisa di isi hingga 6 orang dengan biaya Rp.300,000/mobil atau dengan public transport yang ada di terminal ubung tetapi ini jadwalnya admin tidak tau, atau jika ada rental motor lebih baik menggunakan motor di Bali, tetapi kemungkinan kecil untuk dikasih di bawa ke luar kota. Jadi kalau ga mau repot bisa menggunakan private tour car saja.

Jangan lupa sebelum sampai pelabuhan Padang Bai jangan lupa untuk mampir ke minimarket untuk membeli camilan, dan ke restoran yang buka 24jam seperti KFC,MCDONALDS,RESTORAN PADANG, untuk membeli makanan dan di Bungkus untuk makan di Kapal nanti. Karena di kapal harganya sudah pasti Mahal dan porsinya kurang memuaskan. Dan setelah beli makanan langsung menuju ke Padang Bai.

sesampai di Padangbai, kita membeli loket dengan harga :

  • Sepeda gayung: Rp.65,000
  • Sepeda Motor: Rp. 125,000
  • Mobil: Rp. 895,000

Untuk tiket di atas tidak dihitung per orang, tetapi per kendaraan. Tetapi jika kita pejalan kaki mungkin bisa lebih murah, admin tidak melihat harga untuk pejalan kaki, kemungkinan loketnya berbeda. Tetapi banyak juga yang berjalan kaki masuk ke kapal. merupakan solusi jika kalian tidak ada kendaraan bisa jalan kaki dan nanti sampai di lombok naik bis. kalau bisa ke pelabuhan padang bai ini pagi hari supaya tidak kemalaman

Jika kita telat atau ketinggalan kapal, jangan khawatir karena kapal ferry akan ada setiap 20menit, jadi sabar menunggu ya, karena admin sendiri juga sempat ketinggalan kapal hanya beberapa menit saja. Oh iya Bagi yang belom sempat buang air besar/boker admin sarankan untuk buang air selain di kapal, mungkin di pertamina atau dermaga karena di dalam kapal sangat sengsara ,sudah kapal goyang, ga ada air ,toilet kecil sengsara betul seperti yang di alami admin.

Kapal sudah datang saatnya anda untuk naik. Bagi yang menggunakan kendaraan untuk memarkir kendaraan nya yang rapi supaya kendaraan yang lain dapat bagian untuk parkir, lalu ambil barang barang yang penting untuk di bawa ke atas, lalu cari tempat duduk yang nyaman untuk anda, disana juga di sediakan kamar dengan sewa matras seharga Rp.20,000-50,000/matras, jadi tidurnya seperti pindang berjejer dengan orang lain di dalam ruang ber Ac.

Saat kapal sudah mulai berangkat ,kita menunggu kapal menuju pelabuhan lembar selama 5 jam perjalanan. cukup lama bukan? Ya itulah kenapa admin menyarankan untuk beli snack dan makanan dahulu. Jika anda ingin tidak bosan, anda bisa berkeliling kapal dengan melihat pemandangan laut luas kadang kita kalau beruntung bisa melihat lumba lumba yang lompat di samping kapal kita atau anda bisa beristirahat ataupun memakan snack. Hati hati ya jangan sampai buang air kalo ga mau sengsara, hehe.

Setelah sampai di pelabuhan Lembar di kota lombok, pasti bingung kan mau kemana lagi ?tetapi kan kita udah punya tujuan utama yaitu ke Gili trawangan. misal kita sampai di lombok masih pagi, mending kita manfaatkan waktu kita untuk kulineran di Kota mataram. perjalanan dari lembar ke mataram kurang lebih 45 menit. cukup gampang sekali menuju kesana. cukup ikutin jalan besar dan papan hijau petunjuk arah.

Sesampai di kota mataram saatnya kita mampir ke Rumah makan Taliwang, yang ada di desa taliwang. menurut admin taliwang di kota asalnya jauh lebih enak dari pada di luar kota walaupun itu restoran khas lombok. taliwang yang di banderol dengan harga Rp.45,000/ porsi tersebut sudah berhasil membuat lidah admin bergoyang.

admin lihat cuaca semakin mendung secara tiba tiba, saat itu admin jalan ke lombok dan menuju gili terawangan pada tanggal 20 Februari 2015. karena was was bakal hujan admin langsung lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Bangsal, untuk menyebrang ke Gili terawangan. ada 2 jalan jika kita dari mataram menuju ke Bangsal, yaitu melewati Pusuk atau sengigi. admin memilih jalan lewat pusuk karena jalurnya yang lebih cepat sampai walaupun harus naik turun bukit.

saat perjalanan tanpa di Duga tiba tiba ada Badai datang disertai hujan yang amat sangat deras. dikarenakan admin lihat jam 2 sore admin takut tidak kebagian kapal, jadinya terobos saja hujan tersebut. di tengah perjalanan posisi admin berada di tengah jalan pusuk tiba tiba angin yang sangat kencang datang dan merobohkan pohon besar yang hampir menutup akses jalan. disana admin was was ada apakah gerangan kenapa angin dan hujan begitu kencang sekali, padahal sebelumnya cerah cerah saja.

beberapa kilo meter lagi kami akan sampai ke Bangsal dan angin kencang datang lagi merobohkan Pohon besar yang mengakibatkan akses jalan menuju ke Gili trawangan tertutup. untungnya warga sana sigap bahu membahu menyingkirkan pohon tersebut, admin lewat samping di jalan berlumpur untuk bisa jalan menuju pelabuhan Bangsal, di tengah perjalanan jarak sekitar 2 KM lagi datang angin besar yang kali ini ada pohon yang hampir menimpa admin. telat beberapa detik saja mungkin admin akan tertimpa pohon besar. setelah sampai di perempatan Bangsal dan pusuk admin istirahat sejenak karena shock dengan kejadian tadi.

hanya istirahat beberapa menit datang kembali angin yang merusak Genteng dan menerbangkan genteng seng warga di desa Bangsal tersebut, admin sedikit bingung untuk melanjutkan perjalanan, pikiran menjadi stuck antara mau balik atau lanjut. karena balik tidak bisa jalan sudah di tutup oleh pohon yang roboh, mau ga mau admin harus tetap ke pelabuhan bangsal untuk menyebrang ke Gili trawangan. baru menghidupkan motor ,dan tiba tiba pohon besar jatuh dan menyebabkan kabel listrik membentang menghalangi jalan. dag dig dug untuk menerobosnya , karena jika kesentuh maka nyawa bisa saja melayang. dan admin berhasil menerobos lewat pinggir. tidak selesai di sana saja , di depan ada pohon Besar tumbang juga yang alhasil admin tidak bisa melanjutkan perjalanan dan stuck di tengah tengah. badan mulai dingin yang sepertinya sedang masuk angin, ada warung di depan admin beli 2 sachet tolak angin. setelah 30 menit warga bilang kita sudah bisa melintas ,tetapi hati hati dan sampai lah di pelabuhan Bangsal.

saat kita ingin membeli tiket, dan ternyata tiket sudah di tutup dan semua penyebrangan di Batalkan akibat cuaca yang buruk. sudah seperti yang admin duga, pasti tidak akan bisa menyebrang ke Gili trawangan. disana admin sudah mulai down dan bingung mau ngapain. sampai di Pelabuhan Bangsal sekitar pukul 4 sore. untuk menenangkan pikiran admin mencari penginapan yang dekat dengan pelabuhan supaya esoknya bisa menyebrang. dan admin menemukan penginapan yang jaraknya 100meter dari pelabuhan Lembar, untuk menginap disana dikenakan Rp.150,000/malam dengan kamar fasilitas kipas angin.

Setelah check in admin niat mau charge Handphone yang batre udah mulai sekarat. eh ternyata listrik lagi Mati. wah kacau sudah, akhirnya semua handphone admin matikan untuk menghemat baterai, bingung sudah dan perut mulai lapar. admin keluar untuk beli makan dan menemukan sate ikan yang khas lombok di banderol dengan harga 20,000. wow admin kaget ,di desa kenapa harga bisa segini?? perasaan di Bali ga sampe segini dah untuk makan di desa. tapi mau gimana lagi perut udah ga bisa di ajak kompromi yasudah makan aja. setelah itu admin balik ke penginapan dan melanjutkan hibernasi dengan angin kencang menunggu fajar esok hari di kota lombok.

Ayam bekokok dan dengan segera admin bangun, melihat cuaca di luar mendung tetapi angin tidak terlalu keras. admin bergegas mandi dan makan menunggu jam 9 jam buka loket tiket ke gili trawangan. sesampai disana admin membeli tiket dengan Harga 15,000/ orang untuk publik boat ,dan berangkat jika sudah ada penumpang 34 orang. saat itu sudah 20 orang dan admin bergegas siap siap barang dan menitipkan motor persis di depan tempat admin menginap ada penitipan motor, yang semalam di kenakan harga 10,000/malam. setelah balik lagi ke pelabuhan lembar dan penumpang sudah cukup, kapal berangkat ke pulau Gili trawangan. dengan menempuh jarak 30menit.

saat kapal berjalan akan disuguhkan pemandangan 3 pulau yaitu gili trawangan, meno, dan air. dan tujuan admin adalah ke Gilitrawangan. setelah sampai di Gili trawangan admin bingung mau ngapain, dan ada seorang Calo bernama Tomy yang menghampiri admin dia menawarkan penginapan, karena admin lagi capek ya admin mau saja lah. dia memberi harga 250,000/malam untuk kamar fasilitas AC dan include breakfast. dan jarak dari penginapan ke pantai hanya 2 menit berjalan.

Rata rata penginapan di Gili selalu penuh untuk penginapan kelas backpaker. penginapan disana di banderol mulai harga 150,000 sampai 3,000,000 / malam tergantung fasilitas dan kelas nya. kalau ingin murah admin sarankan untuk mencari penginapan tidak menggunakan Calo. Untuk sewa sepeda gayung harganya mulai dari 35,000 sampai 70,000 tergantung tempat anda menyewa nya. biasanya pas kita baru mendarat di Gili pasti banyak orang yang menawari kita penginapan, HATI – HATI!! ini adalah Mafia. karena admin adalah Orang Travel jadi susah untuk di kibulin, biasa penginapan harga 250ribu di jual sama Mafia ini jadi 350ribu semalam. pintar pintar ya kawan 🙂

Cara ke gili trawangan tidak lah susah ,hanya butuh modal keberanian dan membawa sedikit uang. untuk malam hari di Gili trawangan terdapat restoran dengan berbagai macam kuliner bisa di temui disini. untuk makanan dominan ayam dan seafood. disana ada pasar malam yang menyediakan berbagai macam kulineran, uniknya disini sistemnya seperti barberque seafood.

Untuk pantai nya sendiri Lumayan Bagus ,jika anda mau snorkelingan di Gili trawangan cukup dengan Rp.30,000 sepuasnya. pantai di gili trawangan berwarna biru tetapi yang sangat di sayangkan biota lautnya pada hancur semua dikarenakan Bom ikan yang di pakai nelayan. padahal trumbu karang itu pulihnya dalam jangka waktu puluhan tahun loh. jika di Bandingkan dengan Bali ,saya lebih suka di Bali karena disana Terumbu karang mulai dijaga. contoh tempat snorkeling murah di Bali yaitu di Amed, mungkin bagi yang pernah kesini pasti bisa membandingkan tempat tersebut dengan Gili trawangan.

Untuk perjalanan balik ke pelabuhan Bangsal, disini kita menuju tempat pelabuhan yang ada di gili untuk membeli loket, admin beli tiket jam 9 pagi karena ingin mampir ke Mataram untuk kulineran. tiket balik seharga Rp.15ribu dan lama perjalanan 30 menit. setelah sampai di Bangsal admin mengambil motor yang di titipkan dengan menyerahkan karcis titipan motor trsebut ,dan langsung cus ke kota mataram untuk kulineran.
di tengah perjalanan ada banyak sekali Razia kendaraan bermotor, jadi pastikan surat surat anda lengkap.

terlihat mendung datang ,sebelum datangnya hujan admin sudah memakai jas hujan supaya tidak repot ,dan benar saja setelah sampai di pusuk bagian atas hujan mulai turun dengan deras sampai jalan menuju mataram. disana admin mampir untuk membeli sate Rembige, yang rasanya enak pedas manis dari daging sapi. setelah selesai makan, admin penasaran oleh Mall nya, karena di Bali tidak ada bangunan yang tinggi. setelah sampai di mall ternyata tidak ada apa apa alias biasa saja tidak ada yang spesial. di mall admin mampir ke toko eiger untuk membeli celana dan sandal.

di lanjutkan kita dari mataram menuju pelabuhan Lembar untuk balik ke Bali tercinta. berangkat jam 3 sore dari mataram dan sampai jam 4 sore di pelabuhan lembar, beli tiket Rp.125,000 untuk sepeda motor ,dan pass sekali kapal sudah mulai berangkat ,telat beberapa menit saja admin bakal ketinggalan kapal nih. dan terlihat sesak dengan penumpang, beda dengan suasana saat admin berangkat ke Lombok. di kapal ini terasa sumpek dan tidak teratur, banyak yang tidak mementingkan penumpang lain, ada yang mereka 1 kursi panjang di tempati cuma 1 orang, sehingga banyak penumpang lain yang tidak kebagian kursi untuk duduk, “selfish people in here” dalam hati ya ampun pengen cepet cepet rasanya ninggalin kapal ini dan menginjak Bali tercinta. untuk penyewaan matras dikenakan Rp.50,000 . perjalanan yang lama dan membosankan. untungnya di kapal disediakan TV dengan dvd ,film saat itu yang di Putar ” Tenggelamnya kapal van der wijck” dalam hati ya ampun kenapa di setel film beginian mana di kapal juga , judulnya yang ga meng enakan hati. disaat itu ombak lumayan besar yang mampu membuat oleh kapal membikin jantung dag dig dug.

Lima jam berlalu dan akhirnya sampai dengan selamat di Pelabuhan padang Bai di Bali, ingin rasanya cepat cepat keluar dari kapal tersebut ,walaupun ruangan ber AC tapi terasa panas karena penumpang yang over.

 

Demikian lah Cara ke GIli trawangan oleh pengalaman admin, admin bakal berbagi sedikit tips untuk bepergian ke sana :

Tips ke Gili Trawangan :

  • Persiapkan Budget ,dan Rencana berapa lama disana.
  • Jika anda naik motor cek kondisi kendaraan anda
  • Jangan membawa terlalu banyak barang dan baju
  • Usahakan bawa bekal seperti snack atau nasi untuk kita makan di Kapal
  • Air mineral kalau bisa beli yang 1,5liter
  • Bawa Map
  • Kalau Hp anda android download aplikasi MAPS.ME (working di signal low) sebelumnya download map indonesianya Atau Google Map offline
  • Ber doa kepada Tuhan yang maha esa
  • Jaga tutur kata dan hormati kebudayaan sekitar
  • kalau bisa booking hotel sebelumnya supaya tidak pakai Calo.
  • Ingat disana tingkat kejahatan masih tinggi, jangan keluar terlalu malam!!!
  • Jangan dikira di desa untuk pengeluaran semakin kecil, Anda SALAH disini mahal mahal untuk makan min 15ribu/porsi

Nah jika ada yang kurang jelas dengan Cara ke gili trawangan bisa comend di bawah, dan jangan lupa share ya untuk informasi ke teman teman yang lain cara ke gili trawangan untuk tahun 2015. oh iya admin disana selama 3 hari 2 malam menghabiskan Budget sebesar 1,400,000 itu admin sudah bener bener irit se iritnya , jadi mungkin kawan kawan yang kesana bisa melebihi dari itu kalau tidak di kontrol pengeluaranya. untuk Foto menyusul yak hehe

Salam Bali koala

Latest Comments

  1. iin 07/05/2015
    • vrythree 14/05/2015
  2. mohamad fazley 30/06/2015
  3. ayudiah 08/07/2015
    • vrythree 08/07/2015
  4. Citra Lestari 23/07/2015
  5. Fanny Ferery Sangeroki 11/09/2015
    • vrythree 04/10/2015
  6. santika 21/09/2015
    • vrythree 04/10/2015
    • Syifa 15/11/2015
    • Uti 19/02/2016
  7. rosa 01/10/2015
    • vrythree 04/10/2015
  8. Audi 03/12/2015
    • vrythree 10/01/2016
  9. Ditha 23/12/2015
    • vrythree 10/01/2016
  10. Ratih 06/01/2016
    • vrythree 10/01/2016
  11. ayu 27/01/2016
    • vrythree 02/02/2016
  12. Ayua 01/02/2016
    • vrythree 02/02/2016
  13. aris 05/02/2016
    • vrythree 06/02/2016
    • anang 02/03/2017
  14. frans 06/02/2016
    • vrythree 11/02/2016
  15. Alfin real 11/02/2016
  16. Ratna 28/02/2016
    • vrythree 06/03/2016
  17. Tari 29/02/2016
    • vrythree 06/03/2016
  18. anda 15/04/2016
    • vrythree 15/04/2016
  19. faiz 16/04/2016
    • vrythree 16/04/2016
  20. Ana 18/04/2016
    • vrythree 18/04/2016
      • Ana 20/04/2016
        • vrythree 20/04/2016
          • sandra 11/06/2016
          • vrythree 21/06/2016
      • Agustar 09/07/2016
  21. dion 17/06/2016
  22. Salsa 21/07/2016

Leave a Reply