Pesona di Ketinggian Bukit Dandaun Lombok yang Memikat

Lombok memang tidak akan pernah ada matinya terutama untuk anda yang suka mengeksplor keindahan Indonesia. Keindahan alamnya sangat menghipnotis untuk dikunjungi lagi dan lagi setiap tahunnya. Hal inilah yang memikat banyak turis untuk datang kembali ke Lombok.

Meskipun anda memang sudah lulus dengan mengunjungi semua tempat ataupun salah satu spot di Lombok, rasanya ingin datang lagi untuk kedua kalinya atau bahkan ketiga kalinya. Sekarang ini Bali Koala akan membahas tempat wisata eksotis untuk anda yang senang berwisata petualang.

Dengan mengunjungi bukit keren untuk camping di Sembalun ini Anda akan disuguhkan pengalaman menarik yang mungkin belum pernah Anda rasakan, yaitu dengan ditangani sapi-sapi yang meminta minum. Pengalaman menarik nan langka ini akan menjadikan Anda lebih dekat dengan alam beserta isinya.

Namun anda tidak perlu khawatir terhadap sapi-sapi tersebut. Pasalnya sapi tersebut adalah milik dari penduduk setempat dan bukan sapi liar. Jadi, tidak akan mengganggu kenyamanan Anda, selama tidak mengganggunya. Biasanya orang memelihara hewan lain namun disini sapi merupakan salah satu hewan yang disukai.

Tempat liburan yang asyik ini dapat membuat momen liburan Anda menjadi lebih mengesankan. Mendirikan tenda dan bermalam di bukit ini adalah aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Bermalam di alam bersama dengan teman-teman atau orang-orang terkasih akan membuat liburan Anda semakin perfect. Apalagi ditambah dengan udara segar yang begitu menyejukkan dan hijaunya rerumputan yang terhampar luas. Ditambah lagi dengan keeksotisan Gunung Rinjani yang dapat Anda saksikan secara lagsung di tempat ini. Sungguh nikmat yang tidak ada duanya.

Letak Bukit Dandaun

Bukit Dandaun

Bukit Dandaun by ragu.rosyadi

Bukit Dandaun terletak di Desa Sembalun Bumbung, Dsn jorong, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Wisata Gunung Dandaun memilki sensasi dan panorama yang berbeda sehingga mampu membawa pengunjung berada pada dunia mimpi. Jika dilihat dari puncak Gunung Dandaun sungguh menyuguhkan pesona tersendiri.

Hamparan sawah yang hijau berkotak­kotak dan pemukiman penduduk menambah keindahan objek wisata gunung Dandaun. Wisata Gunung Dandaun  sudah lama di ketahui masyarakat namun kurangnya sosialisasi membuat wisata Gunung Dandaun  tidak banyak diketahui masyarakat. Ratusan ternak sapi akan menjadi pemandangan indah di atas bukit dandaun ini. Selain itu itu pemndangan pepohonan akan juga menambah keindahan bukit ini karena dibagian pohon-pohon itu terdapat bunga anggrek yang sangat indah.

Kemah Seru di Bukit Dandaun

Karena sudah gelap atau misalnya perjalanan anda gelap ketika sampainya dipuncak bukit. Anda bisa membangun tenda dan merapikan diri selain itu juga menyiapkan makan malam. Jelas anda harus makan malam untuk mengisi tenaga seharian, dimana biasanya kalau menjelang waktu tidur jika berada di gunung langsung tidur. Namun jika anda berjalan atau mendaki bersama rombongan maka anda akan diajak ngobrol dan bersenandung bersama pendaki lain.

Pagi harinya,anda harus bangun lebih awal sebelum matahari muncul karena kelebihannya adalah anda bisa melihat peralihan antara gelap menuju terang pagi hari selalu magis dan menenangkan tentu untuk anda. Sehingga anda bisa mendapatkan kualitas wisata yang memuaskan dan menyenangkan. Jauh dibawah bukit tempat anda berdiri, deretan sawah terbentang dari ujung barat ke timur bagai dipagari oleh bukit-bukit. Momen seperti inilah yang kemudian membuat bisa membuat anda terkenang akan naik gunung sehingga anda ingin kembali ke sini.

Wisata Bukit Dandaun  sudah lama di ketahui masyarakat, namun karena kuranganya sosialisasi membuat wisata Bukit Dandaun tidak banyak diketahui wisatawan.Jika kalian sudah mencapai puncaknya Bukit Dandaun, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan sawah yang hijau berkotak-­kotak dan ratusan ternak sapi. Selain itu, pemandangan pepohonan akan menambah keindahan bukit ini, karena Pohon-pohon tua yang sudah berumur ratusan tahun dan diatas pohon tersebut tumbuh 322 jenis anggrek hutan.

Bukit Dandaun

Bukit Dandaun by inyon76

Cara Ke Bukit

Untuk menuju Bukit dandaun anda harus naik motor duu kurang lebih 3 jam dari Kota Mataram, tentu jika anda mendarat di bandara Mataram, selain itu jangan lupa bawa jaket karena hawanya dingin banget. Apalagi pas lagi musim panas kayak bulan September dinginnya bisa melebihi biasanya. Ya, Desa Sembalun akan terasa dinginnya di pagi dan malam hari saat musim panas.
Setibanya di Desa Sembalun, anda bisa memarkir motor yang sudah di pinjam di tempat Sekretariat Pemuda Sembalun yang namanya CDC. Disini juga kita membayar tiket masuk menuju Bukit kurang lebih 10 ribu perak aja hingga lebih. Setelah memastikan alat-alat kami lengkap, tenda, matras, sleeping bag, alat masak, dan logistik, anda bisa langsung naik ke bukitnya tanpa menghiraukan hal lainnya.
Perjalanan di satu jam awal cukup menantang. Kemiringan mencapai 70 derajat (ini perkiraan coy).  Selama di perjalanan, tidak henti-hentinya  anda bisa merasa takjub dan menikmati panorama alam Desa Sembalun yang terlihat dari Bukit Pergasingan. Hamparan kebun-kebun warga bak permadani yang menyejukkan mata. Bukit-bukit yang lain berdiri kokoh menemani puncak Sang Rinjani. Sungguh, inilah pemandangan terindah di Pulau Lombok.

Berikut jalan yang bisa anda pilih…? disini kami menyediakan tiga lokasi pendakian:

Ø  Jalur pertama bukit batu nunggang.

Jalur ini termasuk jalur yang paling sulit diantara jalur yang lainya, mungkin anda yang menginginkan tantangan yang libih, anda dapat  memilih jalur ini.

Ø  Jalur kedua bukit batu delpaq.

Jalur yang kedua ini bisa dikatakan cukup ringan dan jalur yang bisa dipilih para pendaki jika mendaki bukit dandaun.

Ø  Jalur ketiga dasan telaga/bukit kesia odaq.

Dan jalur ketika ialah jalur yang paling ringan, dan mungkin bagi anda yang pemula dapat memilih jalur ini.

Demikan jalur yang dapat anda pilih mendaki bukit dandaun..

Silahkan pilih jalur mana yang akan anda lewati mendaki dandaun.

Leave a Reply