Surga di Ujung Lombok ala Tanjung Ringgit

Ada yang mengatakan bila berlibur ke Pulau Lombok, gak lengkap rasanya bila gak ngetrip ke Gili Trawangan, Meno dan Air. Apalagi pantai yang menjadi primadona para travelers lokal dan dunia yaitu Pantai Senggigi. Untuk lima tahun yang lalu mungkin Pantai Senggigi dan Gili Trawangan,Meno dan Air menjadi tujuan wisata utama. Tapi untuk sekarang ini menurut saya sendiri yang menulis artikel, tempat yang paling cocok dan wajib dikunjungi yaitu Tanjung Ringgit, Lombok Timur.

Lombok memang dikenal sebagai salahsatu pulau yang menawarkan keindahan yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pulau sebelahnya yang sudah mendunia, yakni Bali. Apalagi jika anda merupakan sorang yang mencarai ketenangan, Lombok bisa memberikan hal tersebut, sebab keindahan yang dimilikinya memang belum terlalu dikenal oleh banyak orang, belum terlalu banyak orang yang datang berkunjung.

Menikmati Tenangnya Alam Tanjung Ringgit

Menuju ke Tanjung Ringgit memang tidak mudah, terbatasnya akses transportasi dan akomodasi membuat perjalanan anda akan sedikit menemui hambata, meskipun demikian bagi anda yang memang memiliki jiwa petualang hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh.

Begitu sampai di ujung Tanjung Ringgit anda akan langsung terhenti dan takjub tatkala melihat indahnya pemandangan dari tebing-tebing cadas yang menjadi batas langsung dengan Samudra Hindia, terlihat deburan ombak besar yang menghempas dinding cadas yang sangat indah. Dari Tanjung Ringgit pula anda akan bisa melihat dengan cukup jelas Pulau Sumbawa serta indahnya Gunung Rinjani.

Suguhan lainnya adalah beberapa peninggalan perang Jepang, yakni meriam besar yang tersembunyi di antara semak-semak belukar yang banyak tersebar di sekitar padang rumput di Tanjung Ringgit. Selain itu ada pula beberapa peninggalan lainnya, seperti mercusuar tinggi peninggala Jepang, goa Jepang serta sumur air tawar yang mungkin juga dibuat kala Jepang berada di sana unutk memenuhi kebutuhan air mereka.

Transportasi Menuju Tanjung Ringgit

Tanjung ringgit

Tanjung ringgit by thomas jankowski

Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, atau terpaut 85 Kilometer dari Kota Mataram. Dari Kota Mataram anda harus mengunakan kendaraan pribadi atau sewaan menuju ke bagian Tenggara Lombok, atau lebih meudahnya menuju Pantai Tangsi (pantai pink). Dari Pantai Tangsi perjalanan berlanjut menyusuri jalan setapak tak beraspal sejauh 10 kilometer sampai akhirnya menuju ke ujung tebing di Tanjung Ringgit.

Tanjung Ringgit ini terletak di ujung tenggara Pulau Lombok (lihat Peta), masuk di Wilayah Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan Pribadi (mobil atau motor) atau kendaraan sewaan, karena tidak ada angkutan umum sampai sana. Rute menuju Tanjung Ringgit yaitu Mataram – Praya – Jerowaru.

Di jalur Praya – Jerowaru nanti kita akan melewati 2 Pom Bensin di sebelah kanan. Nah sekitar 100 meter setelah Pom Bensin yang kedua, ada Pertigaan Jerowaru, beloklah ke kanan, ikuti saja jalur itu terus (jalan aspal bagus) sampai ketemu Pasar Jor Jerowaru, dari situ beloklah ke kanan, sampai ketemu pertigaan lagi, terus belok ke kiri, ikuti jalurnya sampai ketemu pertigaan yang memisahkan jalur Tanjung Ringgit dan Pantai Surga, ambil lurus saja, karena kalau ke kanan nanti akan sampai Pantai Surga.

Nanti akan ketemu pertigaan lagi, bila lurus akan sampai ke Pantai Kaliantan (jalan aspal bagus), nah kita harus belok kiri keluar dari aspal, jalan mulai rusak, dan sesekali ada kubangan air besar di tengah jalan. Ikuti saja jalan itu sampai habis, kalau ada pertigaan, tetep aja lurus, kira kira ada sekitar 15 KM kita disiksa jalur ancur ini. Pesan saya, jangan gunakan mobil jenis sedan deh, dijamin gak bakal sampai TKP. Bila sudah melihat Mercusuar, tandanya kita sudah sampai Tanjung Ringgit.

Pesona Tanjung Ringgit

Tanjung ringgit

Tanjung ringgit by afusanidya

Panorama yang diberikan sangat indah dan membuat orang yang datang langsung jatuh cinta. Apalagi tebingnya yang sangat curam, serta angin laut yang kencang membuat tempat ini sangat eksotis. Jelas saja, Tanjung Ringgit posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Pulau Sumbawa di sebelah timur.

Bila ada pertanyaan, kita di Tanjung Ringgit bisa loncat ala-ala sirkus gak terjun ke lautnya ?

Jawabannya tidak bisa. Hal ini karena tebing yang curam ditambah lagi gelombang laut yang cukup besar. Tapi yang ingin berenang di sekitaran Tanjung Ringgit, bisa memilih waktu yang cocok disaat air laut tenang dan angin laut gak terlalu kencang dengan cara menyewa sebuah perahu boat dari Pantai Tangsi atau lebih dikenal dengan Pantai Pink.

Jarak antara Pantai Pink dan Tanjung Ringgit sangat berdekatan. Soal tarif sewa perahu boat tergantung nego. Saran kami, tanya dulu berapa sewanya dan berapa lama berkelilingnya. Itupun kita yang mau berenang gak bisa terlalu dekat dengan tebing di Tanjung Ringgit karena dikhawatirkan arus bawah laut yang cukup kencang. Hanya pilihan saja sebenarnya… !!!

Khusus bagi pecinta fotografi, destinasi ini dapat memuaskan anda untuk menghasilkan foto-foto keren alias kece. Bentuk tanjung ini yang berupa deretan tebing kars yang panjang berkelok-kelok serta warna laut Samudera Hindia yang eksotis ( hijau, biru muda, biru tua ) membuat kita gak bosan-bosannya mencari view yang bagus untuk dibawa pulang. Saran saya, kita harus berhati-hati karena angin yang kencang ditambah tebing jurang yang sangat curam yang membuat mata selalu terkagum-kagum. Untuk anda yang ingin menghampiri tempat ini tentu anda bisa survey terlebih dahulu untuk memastikan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.