Seni dalam Kopi di Cafe Seniman Coffee

Ngopi alias minum kopi merupakan salah satu kegiatan yang agak sulit dihindari waktu kita jalan-jalan. Padahal  mungkin anda bukan penggemar berat kopi. Kalau ada pilihan teh yang menarik, namun jika sedang jalan-jalan ke Bali jelas harus datang ke cafe favorit ini.

Balikoala memberikan rekomendasi tempat makan yang beragam mulai dari Revolver, Sisterfields, Biku, Mantra, Little Prince, Coffee Library, dan yang terbaik selanjutnya untuk di kunjungi adalah Seniman Coffee di Jl. Sriwedari, Ubud.

Cafe Kopi untuk Para Seniman

Seniman Coffee

Seniman Coffee by udhazikir

Untuk para pencipta kopi, kalau sedang di daerah Ubud wajib mampir kesini. Disini anda bisa memilih beragam jenis kopi yang dibuat tidak dengan mesin kopi, tapi dengan manual dengan sentuhan pribadi. Pilihan biji kopi dari Sumatra, Jawa, Bali & Flores ada disini, dan disajikan dengan jajan pasar khas bali. Ada juga menu tester, dimana kita mendapatkan 3-5 macam kopi sehingga bisa merasakan perbedaan dengan unik cita rasanya masing-masing.

Selain lokasinya strategis di tengah wilayah Ubud, kopinya juga enak, banyak pilihan, dan yang terpenting internetnya juga lancar. Jadi tak heran jika setiap hari banyak pelanggan yang berkunjung ke sini. Baik untuk mencari varian kopi, bekerja, membaca atau hanya bersantai bercengkerama bersama teman.

Seniman dalam Bahasa Indonesia berarti artis dan kedai kopi ini hidup dengan filosofi itu. Dengan dekorasi tempat yang artsy, segar, funky serta perabotan yang inovatif. Salah satu yang paling khas adalah kursi plastik yang disulap menjadi kursi goyang, yang bisa bikin betah untuk berlama-lama di kedai kopi ini.

Kursi yang diberi nama ‘Bar Roker’ ini menjadi ciri khas Seniman Coffee Studio. Selain merakit perabotan sendiri, Seniman Kopi mengolah biji kopinya sendiri di dapur yang nggak kalah nyentriknya: THCR alias Tetap Happy Coffee Roasters.

Rodney Glick, sang pencetus kursi asyik ‘bar rocker’, juga seorang ‘Q’ Grader kopi bersertifikasi SCAA. Tak heran, ia bertanggung jawab atas semua proses pengolahan green bean di studio kopi ini.

Rasa yang Luar Biasa dari Seniman Coffee

Seniman Coffee

Seniman Coffee by littlechidee

Dari sisi rasa dan kualitas kopi yang dihasilkan patut diacungkan jempol. Seperti kata orang, kopi yang baik tidak tidak menggangu maag, hal ini bisa saja anda alami, setelah minum 3 macam kopi banyak orang yang tidak mengeluh dan merasa nyaman atau baik-baik saja.

Tempatnya memang tidak terlalu luas dan memang agak masuk di jalan kecil. Jadi lebih cocok dikunjungi bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda motor. Bagi yang membawa mobil harus parkir agak jauh di sekitar jalan utama Ubud.

Sebagian besar pengunjungnya memang merupakan turis asing yang biasanya adalah digital nomads atau entrepreneur yang menetap cukup lama di Ubud. Ya, mengingat Ubud memang sudah menjadi salah satu destinasi untuk para pekerja remote dari berbagai belahan dunia.

Varian Menu

Seniman Coffee

Seniman Coffee by nofianiallen

Selain hot, ice, dan cold brew coffee, Seniman juga menawarkan pilihan minuman lain seperti healthy juice dan alcohol-based. Makannya pun bervariasi dari cemilan hingga makanan berat. Salah satu yang menjadi favorit adalah french toast, yang katanya incredibly good.

Di antara kopi-kopi itu, kopi Kintamani Bali jadi favorit. Bali Kintamani sendiri dikenal pahit dan terlalu asam. Memang dasar seniman. Bitterness & acidity (kadar pahit dan asam) tinggi yang jadi ciri Kintamani bukan masalah bagi para ‘Seniman Kopi’. Rahasianya ada di teknik pemanggangannya.

Seniman Coffee adalah tempat ngopi yang ramah terhadap semua jenis tamu. Jika anda perokok maka ada area khusus di teras luar yang digunakan untuk merokok. Sehingga tidak akan mengganggu tamu yang lain yang menghindari rokok atau asapnya, khususnya anak-anak ataupun ibu hamil.

Bagian teras memang tidak terlalu buruk, karena ada pepohonan yang membuat efek segar sembari menikmati kopi yang sudah dipesan, baik sambil kerja maupun ngobrol. Karena biasanya suasana cukup panas di luar ketika siang hari.

Jam buka dari Seniman Coffee Studio adalah setiap hari dari jam 8 pagi hingga 10 malam. Jika sedang ke Ubud, coba sempatkan untuk berkunjung ke sini. Salah satu kedai kopi terbaik di Ubud.

Leave a Reply

10 − four =