Wisata Religi sambil Menikmati Sunset Pura Luhur Uluwatu

Kehebatan ala Pura Uluwatu

Jika membicarakan mengenai wisata sebenarnya banyak daerah di Indonesia yang berhasil mendapatkan predikat wisata terindah. Namun jika membicarakan mengenai wisata religi namun tetap indah maka juaranya adalah pulau Bali. Salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu yang berhasil memikat banyak turis karena keindahan sekaligus wisata keagamaan.

Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, sebuah Desa yang terletak di kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung-Bali ini sangat terkenal dengan objek wisata andalan yaitu Pura Uluwatu, desa ini juga terkenal dengan tempat dimana banyak hotel & fasilitas wisata berada.

Lokasi yang sangat strategis dengan keindahan alam yang luar biasa membuat desa ini dipilih oleh para investor untuk menanamkan modal usahanya, contohlah Bulgari Hotels & Resorts, Bali, Alila Villas Uluwatu, The Istana, Tirtha Bali, The Edge, The Khayangan estate dan masih banyak lagi hotel maupun wedding venue yang dapat and temui di desa satu ini.

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu by shishmareva_ksu

Pura  Uluwatu berdiri kokoh dibatu karang yang menjorok ke tengah lautan dengan ketinggian kurang lebih 97 meter membuat pura ini menjadi sangat indah, tebing berbatu disekeliling pura memberikan pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya.

Selain itu laut dibawahnya juga tidak kalah menariknya untuk mecuri perhatian para peselancar dunia untuk sekedar menikmati ombak-ombak yang tercipta disebelah kanan Pura Uluwatu. Keindahan panorama disekeliling Pura Uluwatu akan semakin memukau para wisatawan pada saat matahari terbenam/sunset yang dapat dinikmati dari beberapa sisi tebing diseputar pura, apalagi kemudian kehadiran tari kecak Uluwatu yang dipentaskan di panggung terbuka membuat tempat wisata ini semakin diminati oleh wisatawan seluruh dunia.

Aktivitas wisata di Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu by rezakurniawanwr

Objek wisata Uluwatu memang kita kenal sebagai tempat yang menawarkan keindahan matahari terbenam, dimana bola bundar dengan rona jinnga kemerahan ini seolah tenggelam ditelan samudera Indonesia di sebelah Barat kaki cakrawala, ditambah paduan tari Kecak dipentaskan setiap sore harinya dimulai pukul 18.00 selama 1 jam, akan menjadi kunjungan anda ke objek wisata ini mendapatkan pengalaman maksimal.

Objek wisata Uluwatu  memang menjadi tujuan tour paling populer di Bali, waktu paling tepat untuk berkunjung adalah pada sore hari, pementasan Tari Kecak dan sunset berpadu indah dengan pura Ukuwatu sehingga tampil menarik dan mengasikkan. Pementasan tari Kecak cukup lama selama 1 jam, suguhan sunset akan menjadi perpaduan pemandangan spektakuler, saat tarian dipentaskan penonton diajak ikut berinteraksi. Sehingga menjadikannya pengalaman menarik.

Namun sebelum perjalanan puncak sampai ke Uluwatu sepanjang perjalanan searah menuju tempat ini, kita melintasi desa Pecatu, sepanjang perjalanan banyak sekali tempat-tempat primadona, serta sangat layak dikunjungi, seperti GWK, pantai Dreamland, Balangan dan pantai Pandawa sebuah tempat baru dalam suguhan pesona alam eksotik. Memang kawasan Selatan ini tergolong kaya dengan tempat-tempat dengan keindahan yang tak terbantahkan.

Kisah Sejarah Pura Uluwatu diawali dengan pemberian wahyu kepada Dhangyang Dwijendra

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu by ramilainura080906

Dikisahkan ketika pada suatu hari pada anggara kliwon wuku medangsia Dhangyang Dwijendra diberi wahyu dari Tuhan pada hari itu juga beliau harus pergi ke sorga. Pendeta Hindu asal Jawa Timur yang juga menjadi bhagawanta (pendeta kerajan) Gelgel pada masa keemasan Dalem Waturenggong sekitar 1460-1550, merasa bahagia karena saat yang dinanti-nantikannya telah tiba.

Namun, pendeta yang juga memiliki nama Danghyang Nirartha itu masih menyimpan satu pusataka yang bakal diberikan kepada putranya. Di bawah ujung Pura Uluwatu, tampak seorang nelayan bernama Ki Pasek Nambangan. Danghyang Dwijendra meminta agar Ki Pasek Nambangan mau menyampikan kepada anaknya, Empus Mas di desa Mas bahwa Danghyang Dwijendra menaruh sebuah pustaka di Pura Luhur Uluwatu.

Kemudian KiPasek Nambanganpun memberikan sebuah permintaan dari Dhangyang Nirarta. Kemudian KiPasek Nambangan akhirnya pergi, sementara Dhangyang Dwijendra melakukan tapa yoga semadi. Selanjutnya  Maha Resipun akhirnya moksah (Pergi ke surga tanpa meninggalkan badan kasar) dengan cepat seperti sebuah kilat. KIPasek nambangan hanya melihat sebuah cahaya ke angkasa.

Lokasi Pura Luhur Uluwatu

Pura Uluwatu terletak di desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung. Yang paling unik dari keberadaan Pura ini adalah letaknya di dipinggiran tebing dengan ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Dibawah ini adalah maps atau peta Pura Uluwatu Bali.

Harga Tiket Masuk Uluwatu Temple Bali

Nah ini dia inti artikel sekarang ini mengenai berapa biaya atau harga tiket masuk Uluwatu Temple Bali tahun 2018? Berdasarkan pengalaman penulis baru-baru ini berkunjung ke Pura Uluwatu, berikut kami jelaskan biayanya.

Ada 2 harga tiket masuk yang dikenakan ketika berkunjung ke tempat ini yaitu harga karcis parkir kendaraan dan harga tiket masuk Uluwatu temple di Bali.

Harga Karcis Parkir Kendaraan:

  • Bus: Rp10.000
  • Mobil: Rp2.000
  • Sepeda Motor: Rp1.000

Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu Bali

Harga ini dikenakan apabila Anda ingin masuk ke area Pura. Berdasarkan Perda no. 25 tahun 2011 dari Pemerintah kabupaten Badung tentang Retribusi Tempat Rekreasi, maka harga tiket masuk dibedakan menjadi 2 yaitu harga lokal (domestik) dan harga Asing.

Harga Domestik (WNI)

  • Dewasa: Rp15.000/orang
  • Anak: Rp7.500/orang

Harga Asing (WNA)

  • Dewasa: Rp20.000/orang
  • Anak: Rp10.000/orang

Note:

  • Artikel ini kami tulis pada tgl 7 Juni 2015. Dan bisa jadi akan ada perubahan harga untuk ke depannya.
  • harga tiket masuk Pura Uluwatu diatas belum termasuk harga nonton tari kecak di lokasi. Saat ini harga tiket kecak Uluwatu adalah Rp100.000/orang

Leave a Reply

15 − ten =